Sukses

Satu Kasus Varian Omicron di Malang, PPKM Mikro Tingkat RT Diperkuat

Pemerintah Daerah di Malang tak boleh lengah dengan status level PPKM demi mencegah penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Malang - Wali Kota Malang Sutiaji meminta jajarannya memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat RT. Itu menyusul muculnya kasus Covid-19 varian omicronyang menginfeksi seorang warga Malang.

Kebijakan pemerintah kota dalam pengendalian Covid-19 di Malang tidak boleh hanya mengacu pada penerapan status PPKM level. Upaya pemantauan dan pengendalian harus tetap fokus pada skala mikro di tingkat RT.

“Jangan terjebak dengan status level PPKM, pemantauan dan pengendalian Covid-19 harus fokus di tingkat mikro,” kata Sutiaji di Malang, Senin, (17/1/2022).

Menurutnya, penerapan status PPKM level dapat membuah lengah, terutama bila pemerintah daerah menunggu penurunan level menjadi lebih rendah. Karena itu, penguatan PPKM Mikro tetap jadi kunci tanpa perlu menunggu turun level.

“Karena itu mulai awal saya tegaskan dan juga saya sampaikan ke pemerintah pusat sebaiknya tidak menggunakan istilah level, tapi focus di mikro” ujar Sutiaji.

Temuan satu kasus Covid-19 varian omicron di Desa Banjararum, Kabupaten Malang, menuntut peningkatan kewaspadaan. Sutiaji mengatakan upaya 3T atau tes (testing), penelusuran kontak erat (tracing) dan tindak lanjut perawatan pada pasien (treatment) harus ditingkatkan.

“Karena itu 3T harus ditingkatkan lagi sekaligus akselerasi vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga. Pemanfaatan pedulilindungi di perkantoran harus difungsikan dengan baik,” kata Sutiaji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Pemkab Malang

Ada tiga kasus baru Covid-19 di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Dari hasil laboratorium, dua orang pasien positif Covid-19 biasa dan satu orang terkonfirmasi varian omicron. Ketiganya kini telah ditangani sesuai protokol yang berlaku.

Bupati Malang, M Sanusi, menyebut temuan kasus Covid-19 varian omicron di Kabupaten Malang tak membuat pemerintah daerah setempat menerapkan kebijakan lockdown. Kebijakan PPKM Mikro di tingkat RT dan RW tetap jadi pilihan terbaik.

“PPKM Mikro di tingkat RT jadi satu cara ampuh untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” kata Bupati Malang, Sanusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.