Sukses

Mahasiswa Unusa Sulap Sampah Kain Jadi Home Set, Tembus Pasar Hongkong

Adiiba menceritakan, berawal dari banyaknya sampah kain yang dihasilkan dari usaha membuat baju dari sang ibu, membuat dirinya bersama teman-temannya berkeinginan membuat kerajinan home set.

Liputan6.com, Surabaya - Empat mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Adiiba Dzakiyah Choirunnisa, Odilia Ika Auliya, Akmalina Ziadati Sukmaningtyas dan Vika Wulandari, menyulap sampah kain menjadi kerajinan home set yang tembus hingga ke pasar Hongkong.

Adiiba menceritakan, berawal dari banyaknya sampah kain yang dihasilkan dari usaha membuat baju dari sang ibu, membuat dirinya bersama teman-temannya berkeinginan membuat kerajinan home set.

"Kain perca atau kain sisa untuk kerajinan home set ternyata mendapatkan banyak respons baik dari teman maupun saudara. Akhirnya kami melanjutkan membuat beberapa home set," ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Adiiba mengaku, pada awal membuat kerajinan tersebut, ia sempat mengalami kesusahan dalam memadupadankan kain yang ada agar terlihat cantik.

"Tapi lama kelamaan dan dari pengalaman sebelumnya kami berhasil memadupadankan warna, sehingga terlihat menarik. Kami kemudian mulai yakin bisa membuat kerajinan home set yang indah," jelaskan.

Berbekal lem, kain perca serta rangka besi yang kuat membuat kerajinan home set ini berbeda dari kerajinan lainnya.

"Bahan yang kami gunakan sangat berkualitas sehingga murah tapi tidak murahan dan tidak mudah rusak," ungkap Adiiba.

Dari hasil kain perca itu, lanjut Adiiba, mereka bisa menjual hasil karyanya hingga Hongkong dan Singapura.

"Kami sangat bersyukur bisa sampai manca negara karena memang selama ini untuk Indonesia sudah sampai Aceh hingga Timika," terangnya.

Adiiba menjelaskan produknya beda dari yang lain lantaran memiliki bahan yang premium namun harganya terjangkau. Selain itu, bentuk home set bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

"Jadi konsumen bisa memesan bentuknya seperti apa dan hiasannya dikasih apa, sesuai permintaan, dan kami bisa melayani pesanan seperti itu, jadi benar-benar eksklusif," terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Terjangkau

Dibandrol dengan harga Rp 75 ribu hingga Rp 500 ribu, membuat banyak pelanggan yang kembali memesan home set yang diinginkan.

"Kami juga memberikan garansi untuk home set jika dalam pengiriman ada yang rusak atau cacat dan tidak sesuai pesanan. Kami akan ganti barang yang baru atau uang kembali. Dengan cara ini banyak pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan kami dan Kembali memesan," ucapnya.

Adiiba menjelaskan, pemesanan bisa melalui media sosial intagram @handmadebyaida. "Kami mengerjakan sesuai order, dan jika ada yang pesan baru akan kami kerjakan, jadi tidak akan ada yang sama bentuk atau designnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.