Sukses

Cek Stasiun KAI Daop 8 Surabaya yang Layani Pembatalan Tiket Kereta

KAI Daop 8 Surabaya menyatakan masih mengoperasikan 21 kereta api lokal.

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya masih mengoperasikan 21 Kereta Api (KA) lokal dan membatalkan 25 perjalanan KA lokal di wilayahnya.

"KA lokal yang masih beroperasi diantaranya KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar, KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar, KA Bojonegoro relasi Siodoarjo – Surabaya  Pasar Turi – Babat, dan KA Kertosono relasi Surabaya  Kota – Kertoson," tutur Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Kamis (23/4/2020).

"KA lokal yang dibatalkan tersebut di antaranya KA Komuter relasi Bangil – Surabaya Kota, KA Komuter Sulam relasi Surabaya Turi – Lamongan, dan KA Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto," ia menambahkan.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh atau 100 persen di luar bea pesan oleh KAI dengan dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

"Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk," kata dia.

Pembatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai atau melalui transfer.

“Pembatalan perjalanan KA penumpang ini, untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Jika terdapat perpanjangan waktu pembatalan operasional perjalanan KA maka akan diinformasikan kembali secara resmi,” ujar Suprapto di Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stasiun yang Layani Pembatalan Tiket

PT KAI Daop 8 Surabaya memohon maaf kepada penumpang yang perjalanannya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020.

Berikut stasiun yang melayani pembatalan tiket yang buka setiap hari (Senin-Minggu) pukul 08.00 WIB-16.00 WIB:

1. Stasiun Surabaya Gubeng

2. Stasiun Surabaya Pasar Turi

3. Stasiun Malang

4. Stasiun Mojokerto

5. Stasiun Sidoarjo

6. Stasiun Bojonegoro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.