Sukses

Kembali ke Indonesia, Sophia Ganti Nama Latjuba Jadi Mueller

Sejak memutuskan tinggal di Amerika Serikat, Sophia Latjuba cukup lama meninggalkan dunia keartisan. Sampai akhirnya dia kembali ke Tanah Air. Kedatangannya ke Indonesia bukanlah untuk berlibur, melainkan untuk kembali merasakan ingar bingar suasana dunia hiburan.

Pada saat bersamaan kebetulan dirinya juga diminta untuk tampil di acara konser bertajuk 'Kidung Abadi Chrisye'. Dirinya akan kembali bernyanyi di atas panggung. Bagi Sophia, apa yang dirasakannya ini dengan mengisi sebuah acara di Indonesia, bagaikan lepas dari kandang.

"Senang saja masih disuruh nyanyi, naik panggung, kayak lepas kandang. Kalau di Amerika full ngurusin anak," kata Sophia.



Sophia akan tampil di atas panggung, berduet dengan almarhum Chrisye. "Ya, saya diimpor langsung dari Amerika. Rencananya Saya bawa dua lagu. Di konser itu, saya duet sama mas Chrisye, sembilan tahun lalu saya juga pernah berduet dengan Almarhum," katanya.

Berduet dengan Chrisye, merupakan tantangan cukup sulit untuk dilakoni bagi mantan istri Indra Lesmana ini. Tapi Sophia yakin dengan keterlibatan dua komposer handal yang pernah menjadi kunci sukses keberhasilan Chrisye. Ia pun tak akan merasa canggung ketika tampil menyanyi di atas panggung.


"Banyak diperlukan teknologi dan kreativitas. Chrisye sudah nggak ada, tapi ini kan tim dari dulu, Erwin dan Jay, jadi udah biasa," ucapnya.



Selain dipercaya untuk terjun ke dunia tarik suara, Sophia juga menggarap sebuah film berjudul Adriana. Untuk pertama kalinya Sophia akan mencoba menjadi seorang produser dan bekerja sama dengan sang anak, Eva Celia.

"Ini adalah selamatan film perdana Visi Lintas Films, yakni film Adriana dari Fajar Nugros. Karena saya naksir banget, saya berambisi untuk membuat film," kata Sophia ketika dijumpai di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Menurut Sophia, film ini akan dibuat menghibur dan menarik untuk remaja.

Bersama dengan sang sutradara,  Fajar Nugros, Sophia berpikir untuk menarik anak muda lebih peduli pada tempat-tempat seperti museum dan perpustakaan. Karena itu, film ini akan melibatkan tempat-tempat tersebut, namun tetap memasukkan intrik cerita cinta di dalamnya.



"Kami berusaha supaya filmnya lebih bagus dan menghibur," kata Sophia menjelaskan. Di film ini, Eva Celia akan menjadi pemeran utama bernama Adriana. Dalam film tersebut, Adriana dikisahkan jadi rebutan dua pria, yaitu Mamen yang diperankan Adipati Dolken, dan Sobar diperankan oleh Kevin Julio.

Kembalinya Sophia ke dunia entertainmen juga membuat dirinya memutuskan untuk mengganti nama belakangnya dari Latjuba menjadi Mueller.
Pemilik nama lengkap Sophia Anggriani ini, memiliki beberapa alasan yang mendorongnya untuk berganti nama belakang.

"Alasan nomor satu, banyak terjadi perubahan di hidup saya. Selain itu, untuk menghormati keluarga ibu saya, nenek moyang keluarga ibu saya, tribute untuk ibu saya," kata Sophia dalam wawancara via teleconfrence


Nama Latjuba merupakan nama keluarga ayah Sophie, Azzizurrahman Latjuba, sementara Mueller merupakan nama keluarga ibu Sophie, Anna Mueller. Sophie mengaku mendapat saran dari seorang ahli astrologi. Bintang film Kuldesak ini percaya kepadanya karena anjurannya selama ini terbukti benar jika dijalani.

"Memutuskannya awal September (2012). Saya ngomong sama ahli astrologi saya dan saya percaya sama dia. Semua yang dia bilang benar, why not," kata Sophie, yang membantah bahwa ahli astrologi sama dengan peramal atau dukun.

Menurut Sophie, mengacu pada perkataan sang ahli astrologi, Mueller juga memiliki arti yang kuat. Jika dijumlahkan, nilai huruf pada nama Mueller sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran Sophie. Jika Sophie memakai nama Muller, arti nama itu akan bertambah kuat.



Ibu dua anak ini juga membantah bahwa pergantian namanya itu sekadar untuk membuat sensasi. Sophie mengaku, dalam beberapa hari ke depan ia akan mengubah nama yang tertulis pada dokumen-dokumen resminya dan akun jejaring sosialnya.
"Saya bulan depan akan urus paspor, KTP, dan a liltle bit document di Amerika, SIM. Jadi, jangan Facebook dan Twitter saja. Dokumen harus berubah, nama itu kan memperbarui hidup kita juga," jelas perempuan yang dua kali bercerai ini.(Adt/Rom)

Baca juga:
Sophie Muller, Wanita yang Gemar Membaca dan Sayang Ayah (1)
Sophia Mueller yang Hobi Pose Hot di Majalah Dewasa (2)

Sophia Mueller dari Rebut Suami Orang Hingga Kabur Ke Amerika (3)

Dua Kali Menikah, Sophia Mueller Hamil Duluan (4)