Sukses

Donny Alamsyah Perankan Pemandi Jenazah, Ingat Wasiat Ayah Ingin Dimandikan Anaknya Saat Meninggal

Peran Ibrahim dalam film Sengkolo Malam Satu Suro membuat Donny Alamsyah teringat wasiat ayahnya, Benjamin Junaedi yang meninggal dunia pada 2019.

Liputan6.com, Jakarta Dalam film Sengkolo Malam Satu Suro yang diproduksi MVP Pictures, Donny Alamsyah memerankan Ibrahim, seorang pemandi jenazah dengan kepribadian baik dan tulus menolong warga desa. Namun, sebuah tragedi membuatnya mempertanyakan keadilan Sang Khalik.

Peran Ibrahim dalam Sengkolo Malam Satu Suro membuat Donny Alamsyah terkenang wasiat ayahnya, Benjamin Junaedi yang meninggal dunia September 2019. Setahun sebelum mangkat, ia meminta Donny Alamsyah mulai belajar memandikan jenazah.

Benjamin Junaedi ingin anak-anaknyalah yang memandikan jenazahnya saat berpulang. Dalam wawancara bersama Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Jumat (14/6/2024), Donny Alamsyah mengaku syok mendengar ini namun tetap menjalankan permintaan sang ayah.

“Tiba-tiba ada permintaan seperti itu, (belajar) memandikan jenazah. Saya pelajari urutan, tatacara, seperti apa segala macamnya. Setelah saya pelajari ternyata memandikan jenazah itu bukan hal mistis dan menyeramkan,” kata bintang film The Raid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penghormatan Terakhir

“Justru saya merasa itu penghormatan terakhir untuk orang yang sudah meninggal. Karena, cara kita memperlakukan mayat itu penuh dengan kasih sayang, kelembutan, dan rasa hormat,” Donny Alamsyah menyambung.

Ia menjelaskan, seorang pemandi jenazah membersihkan kuku hingga gigi, merapikan kumis, jenggot, (maaf) bulu ketiak, dan membuang kotoran dari dalam tubuh sebelum dimakamkan. Saat ayah meninggal dunia, Donny Alamsyah sedang syuting di Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Saya Menyesal

Masih segar dalam ingatan, ia ditelepon pagi-pagi. Dari ujung telepon terdengar kabar duka. Jenazah Benjamin Junaedi buru-buru dimandikan. Beruntung ada saudara, tetangga, dan sahabat yang menolong memandikan jenazah ayah Donny Alamsyah.

“Saya menyesal tidak bisa menjalankan apa yang diwasiatkan ayah. Tapi, kita enggak pernah tahu soal kematian karena ayah meninggal dalam kondisi sangat sehat,” urainya seraya menyebut Benjamin Junaedi meninggal dalam pelukan istri tercinta.

 

4 dari 4 halaman

Dekat Dengan Yang Meninggal

Kini, Donny Alamsyah menjadi pemandi jenazah dalam film Sengkolo Malam Satu Suro yang akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 20 Juni 2024. Aktingnya diarahkan sineas Hanny R. Saputra.

Terkait posisi sebagai pemandi jenazah, Donny Alamsyah menyatakan, “Kalau kita dekat dengan yang meninggal, ini enggak akan terasa menyeramkan. Itu bentuk penghormatan dan ikatan batin kita makin kuat.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini