Sukses

Lagu-Lagu BTS Jadi Cara Korea Selatan Balas Balon Sampah dari Korut, Diputar via Loudspeaker Jumbo di Perbatasan

Sebelum BTS, lagu-lagu milik IU juga pernah diputar Korea Selatan di perbatasan dengan Korut. Konon siaran propaganda ini dinikmati rakyat Korut hingga bisa membuat mental tentara perbatasan lumer.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara kembali memanas selama beberapa pekan terakhir. Dilansir dari The Korea Times, Rabu (12/6/2024), menyusul kiriman leaflet anti-Pyongyang yang dikirim aktivis ke kawasan Korut, negara yang dipimpin Kim Jong Un ini membalas dengan "bingkisan" balon-balon berisi sampah. 

Pihak militer Korea Selatan tak tinggal diam. Diwartakan kantor berita AP, Korsel kembali menghidupkan loudspeaker jumbo di perbatasan kedua negara pada Minggu 9 Juni 2024.  

Dikabarkan bahwa siaran propaganda yang diputar lewat speaker ini antara lain adalah lagu "Butter" dan "Dynamite" milik BTS, siaran cuaca dan berita tentang Samsung, serta kritik soal program misil Korut.

Korut dikabarkan juga mengaktifkan kembali loudspeaker propaganda mereka, tapi hingga Selasa pagi belum juga dihidupkan. 

Sebelumnya, pejabat Korea Selatan sempat mengklaim bahwa loudspeaker negaranya bisa menjangkau jarak 10 kilometer pada siang hari, dan 24 kilometer kala malam. Di sisi lain, loudspeaker milik Korut disebut-sebut tak terdengar jelas di wilayah Korsel. 

Sejumlah tentara garis depan Korut yang membelot ke pihak seberang, pernah mengaku bahwa mereka menikmati siaran dari Korsel. Mulai dari lagu-lagu pop hingga prakiraan cuaca akurat, yang membuat mereka bisa menduga kapan mesti menjemur baju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perang Psikologis Lewat Loudspeaker

Taktik menyalakan pengeras suara ini sebenarnya dinonaktifkan sejak 2018. Kala itu, kedua negara mencapai kata sepakat menghentikan perang psikologis dengan menggunakan balon atau loudspeaker

Sebelumnya, pada 2015, pengeras suara ini diaktifkan untuk pertama kalinya dalam 11 tahun. Pada 2016, lagu-lagu IU sempat diputar di perbatasan, dan suara emas sang pelantun "Blueming" diklaim melemahkan semangat prajurit pria Korut.

3 dari 4 halaman

Jin BTS Pulang dari Wamil

BTS sendiri pada hari ini, Rabu (12/6/2024), jadi pemberitaan karena alasan yang berbeda. Member tertua mereka, Jin, baru menuntaskan tugas wamil. Dilansir dari Yonhap News, Jin terlihat melintas dari gerbang utama Divisi Infanteri Kelima di Yeoncheon, sekitar pukul 9 pagi waktu setempat.

Selama masa baktinya, pria bernama asli Kim Seok Jin ini bertugas sebagai instruktur dalam pusat pelatihan rekrutmen tentara yang terletak sekitar 61 kilometer dari Seoul ini.

4 dari 4 halaman

Reuni BTS OT7

Meski tak disambut secara langsung dengan ARMY yang dilarang hadir di lokasi demi mencegah terjadinya kerumunan, Jin dijemput lima anggota BTS yakni J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Belakangan, Suga juga datang, membuat momen ini menjadi istimewa dengan reuni OT7.

Di sisi lain, momen pulangnya Jin membuahkan banyak meme, terutama karena RM muncul ke depan gerbang markas militer sambil membawakan lagu "Dynamite" dengan saksofon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini