Sukses

Profil Almarhum Louis Gossett Jr, Aktor Kulit Hitam Pertama Peraih Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik

Aktor legendaris peraih Oscar lewat film An Officer and a Gentleman, Louis Gossett Jr meninggal di California, AS, Jumat (29/3/2024) dalam usia 87 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Aktor legendaris Louis Gossett Jr meninggal dunia di Santa Monica, California, AS, Jumat (29/3/2024), dalam usia 87 tahun. Pihak keluarga Louis Gossett Jr telah mengonfirmasi kabar duka ini dalam sebuah pernyataan resmi, yang dipublikasikan Variety, pada hari yang sama.

Di Hollywood, Louis Gossett Jr adalah aktor legendaris. Lahir di New York, 27 Mei 1936, ia debut akting pada 1957 lewat serial The Big Story sebanyak 2 episode. Tahun 1961, Louis Gossett Jr. debut di layar lebar lewat peran kecil di A Raisin In The Sun karya Daniel Petrie.

Untuk menghormati kepergian almarhum, komite Academy Awards mengunggah rekaman video saat Louis Gossett Jr diumumkan sebagai pemenang Pemeran Pendukung Pria Terbaik Oscar 1983 lewat film An Officer and a Gentleman. Kemenangan ini tercatat dalam sejarah.

Louis Gossett, Jr menerima Oscar Aktor Pendukung Terbaik atas penampilannya sebagai instruktur latihan Marinir yang mengintimidasi Sersan. Emil Foley dalam film An Officer and a Gentleman,” tulis pihak Academy Awards di akun Instagram terverifikasi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Pertama Mencetak Sejarah

Dalam unggahan pada Sabtu (30/3/2024), pihak Academy Awards menjelaskan mengapa kemenangan ini dicatat dengan tinta emas dalam sejarah sinema dunia. Louis Gossett Jr adalah aktor kulit hitam pertama yang menang Oscar untuk kategori ini.

Pada 1983, Gossett menjadi aktor kulit hitam ketiga yang meraih nominasi Oscar kategori Aktor Pendukung Terbaik dan menjadi aktor kulit hitam pertama yang memenangkannya,” pihak Oscar mengumumkan.

3 dari 4 halaman

Momen Menang Oscar

Louis Gossett Jr menang Piala Oscar setelah bersaing ketat melawan empat nomine lain yakni Charles Durning (The Best Little Whorehouse in Texas), John Lithgow (The World According to Garp), James Mason (The Verdict) dan Robert Preston (Victor/Victoria).

Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, selain An Officer and a Gentleman, Louis Gossett Jr juga dikenal lewat Enemy Mine (1985) karya sineas Wolfgang Peterson. Dalam film ini, ia beradu akting dengan Dennis Quaid.

 

4 dari 4 halaman

Dukacita Viola Davis

Setahun kemudian, karier Louis Gossett Jr makin mengangkasa berkar Iron Eagle (1986). Dalam film karya sineas Sidney J Furie, ia memerankan veteran Angkatan Udara yang membantu seorang pilot muda menemukan ayahnya, yang ditembak jatuh dan ditangkap.

Atas kepergian Louis Gossett Jr sejumlah selebritas Hollywood melayangkan dukacita mendalam. Salah satunya, aktris peraih Oscar Viola Davis. Sabtu (30/3/2024) pagi waktu Indonesia, ia menyebut almarhum teladan unggul dan selamanya menginspirasi.

Oh man! Anda adalah Singa. Raja. Karyamu selamanya terpatri di pikiran dan hatiku. Sebagai aktor muda, Anda teladan kami yang unggul. Itulah warisan. Bagus sekali, Pak. Kehidupan yang luar biasa! Anda akan terus menginspirasi. Beristirahatlah,” tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.