Sukses

Klarifikasi Okin Usai Kucingnya Meninggal, Tak Terima Dituding Menelantarkan Nala: Wallahi...

Ini diawali pada Desember 2023 di mana Okin sudah tidak menempati rumah yang biasa dia tinggali

Liputan6.com, Jakarta Nala, kucing liar jenis caracal yang dipelihara Niko Al Hakim alias Okin telah dinyatakan meninggal dunia. Lewat akun Instagramnya, ayah dua anak ini kembali memberi pernyataan panjang lebar.

Dia menceritakan secara runut kejadian ini. Ini diawali pada Desember 2023 di mana Okin sudah tidak menempati rumah yang biasa dia tinggali atas kesepakatan dengan mantan istri, Rachel Vennya. Rumah itu kembali kepada Rachel.

Jadi, setelah tidak menempati rumah tersebut, hewan-hewan peliharaannya dirawat oleh animal keeper yang sudah bekerja sama dengannya selama kurang lebih 5 tahun.

"Beliau sangat saya percaya karena sejatinya ia merupakan pecinta hewan juga. Beliau bukan hanya sekedar memberi makan dan membersihkan hewan, tapi juga merawat dengan kasih sayang," Okin pada Kamis (29/3/2024).

"Since divorce dan tinggal sendiri di rumah itu, justru saya lebih leluasa untuk melepas mereka di rumah karena tidak ada larangan dari siapa pun di rumah," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nala Tidak Mau Makan

Jadi selama 4 bulan terakhir, Okin tidak tinggal di rumah tersebut sehingga dia mempercayakan animal keeper-nya. Namun, dia mengaku tetap berkomunikasi dengan orang kepercayaannya tersebut untuk memantau.

"Tuduhan publik tidak memberi makan sangatlah tidak mungkin karena saya membelikan langsung makanan mereka dari market place. Namanya merawat anak memang tidak lepas dari sakit. Ada kalanya mereka tidak mau makan, lalu besoknya mereka kembali aktif," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Kronologi Nala Sakit

Dia lalu mulai menceritakan kronologinya. Dalam masalah ini, Nala masih dipantau saat hari pertama tidak mau makan. Hari kedua, masih tidak ada perubahan sehingga animal keeper-nya menghubungi dokter, diberi saran untuk diberi madu dan makanan recovery.

"Berulah lagi hari ketiga dokter memberi infus untuk daya tahan dan diobservasi terlebih dahulu selama 3 hari sebelum tindakan lebih lanjut. Makanya memang selama infus dan tidak mau makan perutnya kosong namun tetap ter-back up infus," ucapnya. 

"Dan saat masa observasi itulah Rachel baru melihat dan membawanya ke dokter. Pun padahal selesai masa observasi tentu atas perintah dokter akan dibawa untuk tindakan lebih lanjut," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Tak Terima Dituding Lakukan Animal Abuse

Okin kembali menegaskan bahwa tuduhan tidak memberi makan itu tidak benar, "Nggak ada cerita tidak dikasih makan, tidak diurus, karena paitnya saja kalau kita lagi nggak ngomongin nurani, mana mungkin hewan yang saya beli dengan 'harga mahal', ditelantarin. Apalagi mereka dirawat dari kecil."

Pernyataan panjang lebar ini dia buat setelah berdiskusi dengan sang mantan istri untuk meluruskan kesalahan tafsir publik. "Saya nggak apa-apa dihujat atas kesalahan yang saya lakui, tapi kalau dibilang animal abuse, wallahi saya enggak terima." tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini