Sukses

Kolaborasi Manis IJBC dan Konsulat Kehormatan Estonia di Jakarta Gelar Konser Pianis Jazz Rahel Talts

Kebetulan Indonesia Jazz N' Blues Club (IJBC) punya agenda mendatangkan pianis sekaligus komposer jazz asal Estonia, Rahel Talts ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Musik adalah keindahan yang tak dapat dilihat, tapi terasa sampai jiwa. Begitu kata seorang melophile. Kalimat itu pun diyakini Adriana Sri Lestari, Konsul Kehormatan Estonia di Jakarta. 

Kebetulan Indonesia Jazz N' Blues Club (IJBC) punya agenda mendatangkan pianis sekaligus komposer jazz asal Estonia, Rahel Talts ke Indonesia bersama grupnya, Rahel Talts Quartet. Sehingga terjadilah kolaborasi manis itu, antara IJBC dan Konsulat Kehormatan Estonia di Jakarta.

Jumat (8/3)  Rahel bersama tiga rekannya: saksofonis Donatas Petreikis (Lithuania), pemain kontrabas Mariusz Prasniewski (Polandia), dan drummer Jesper Lorup Christensen (Denmark), menggelar konser di Pendopo Lounge Hotel Borobudur Jakarta. 

Ini jadi momen yang istimewa lantaran ini adalah konser pertama mereka di Asia Tenggara.

 

 

"Terima kasih kepada organizing team Indonesia Jazz n Blues Club untuk event fantastis ini. Kerja keras Anda semua akan membantu kami dalam bekerja sama dan berbagi pengalaman di masa-masa mendatang," ujar Adriana.

IJBC sendiri punya acara rutin, menggelar konser seperti ini. "Kami menggelarnya sebulan sekali, bergantian jazz dan blues. Selain di Hotel Borobudur, kami juga kerap menggelar acara di Jengala dan Bandar Kopi," ujar Sonny Purnara, Executive Committe IJBC.

 

 

Tujuan konser rutin ini adalah untuk meningkatkan frekuensi kesempatan talenta jazz dan blues untuk tampil dan meningkatkan profesionalitas bermusiknya. Sekaligus memperkenalkan keberadaan musik jazz dan blues di Indonesia.

IJBC juga ingin memberikan peluang talenta jazz dan blues Indonesia tampil di sebuah pertunjukan mengingat pergelaran jazz dan blues terhitung relatif jarang jika dibandingkan dengan genre pop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesi Jamming Rahel dan Musisi IJBC

Konser sendiri berlangsung seru dan menarik. Rahel dan kawan-kawan memainkan komposisi-komposisi dari album mereka, Greener Grass, yang dirilis Mei tahun lalu.

Nomor-nomor seperti "Present Moment", "D Minor Waltz", "Red and Black", "Those Times", "Quarantine Inspiration", dan tentu saja "Greener Grass", dimainkan dengan ciamik setelah sebelumnya ada sambutan dari perwakilan IJBC, Imelda Rosalin dan Adriana Sri Lestari.

Setelah itu, giliran para musisi dari IJBC unjuk aksi dalam sesi jamming bersama Rahel dan kawan-kawan.

Maka tampillah Agam Hamzah (gitar), Yongki Vincent dan Bubi Sutomo (kibor), serta dua vokalis Imelda Rosalin dan Natasya Elvira memeriahkan konser yang berakhir sekitar pukul 22.30 WIB itu.

 

3 dari 3 halaman

IJBC Beberapa Kali Datangkan Musisi Luar

Soal mendatangkan musisi dari luar negeri, bukan pertama kalinya bagi IJBC. Sebelumnya mereka juga sempat mendatangkan Ack van Rooyen-Juraj Stanik, Juliard Quintet, Triple Ace, Nita Aartsen, Jean Sebastien, Gabriel Laufer, hingga legenda berdarah Indonesia yang menjulang di Belanda, Daniel Sahuleka.

Tahun ini, IJBC juga berencana menggelar festival jazz blues dalam skala besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.