Sukses

Gathan Saleh Jadi Tersangka Kasus Penembakan Berdasar Hasil Gelar Perkara, Kini Ditahan Polisi

Polres Metro Jakarta Timur menetapkan Gathan Saleh sebagai tersangka kasus penembakan di Jakarta Timur berdasar hasil gelar perkara yang dilakukan polisi.

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Jakarta Timur menetapkan Gathan Saleh sebagai tersangka kasus penembakan berdasarkan hasil gelar perkara yang melibatkan pihak eksternal termasuk dari Polda Metro Jaya.

Peningkatan status Gathan Saleh tersangka dari yang semula sebagai saksi disampaikan Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly dalam konferensi pers di Polres Jakarta Timur, Kamis (29/2/2024).

“Pada hari ini kami akan update terkait perkembangan kasus yang terduga pelaku adalah berinisial GSH di mana sesuai dengan hasil gelar perkara yang melibatkan pihak eksternal dengan Polres Metro Jakarta Timur,” katanya.

Melansir dari kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (29/2/2024), penetapan Gathan Saleh sebagai tersangka berdasarkan sejumlah fakta hukum dan alat bukti yang ada bersama penyidik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Hukum dan Alat Bukti

Dengan demikian, per Kamis ini, Gathan Saleh yang pernah menikah dengan Cut Keke dan Dina Lorenza resmi jadi calon pesakitan. Nicolas Ary menyebut, Gathan Saleh akan ditahan polisi.

“Maka, disimpulkan dan diputuskan bahwa status terduga pelaku dan berdasarkan fakta-fakta hukum serta alat bukti yang ada, dapat ditingkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka,” Nicolas Ary menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Sudah Jadi Tersangka

“Jadi mulai hari ini, saudara GSH dari saksi sudah menjadi tersangka dan mulai diperiksa, diambil keterangannya sebagai tersangka. Dan selanjutnya kami akan melakukan penahanan terhadap terduga pelaku dalam hal ini tersangka GSH,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nicolas Ary juga menjelaskan motif Gathan Saleh melakukan aksi koboi terhadap korban bernama Muhammad Andika Mowardi. Korban sendiri terang-terangan mengaku telah dikontak adik Gathan Saleh untuk diajak damai.

 

4 dari 4 halaman

Hanya Karena Cekcok

Namun, pintu damai ditutup Andika. Ia mengaku trauma atas insiden yang terjadi pada jam 2 dini hari tersebut. Nicolas Ary menjelaskan motif tersangka Gathan Saleh “menerbangkan” timah panas pada hari itu.

“Motifnya hanya karena terjadi cekcok yang bersangkutan merasa tersinggung. Ketersinggungan. Sehingga beliau melakukan penembakan terhadap korban. Dan karena korban juga lari ke lantai 2, dan menutup pintu,” Nicolas Ary mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.