Sukses

Nikita Willy dan 6 Artis Ini Pernah Alami Keguguran di Kehamilan Kedua, Tetap Tabah dan Tegar Hadapi Cobaan

Baru-baru ini, kabar kurang menyenangkan dialami oleh aktris dengan julukan Ratu Sinetron Indonesia, Nikita Willy, pasca keguguran di kehamilan keduanya.

Liputan6.com, Jakarta, - Keguguran menjadi risiko yang kerap menghantui ketika seorang perempuan dinyatakan positif hamil. Terlebih jika kehamilan ini membutuhkan waktu penantian yang panjang dan banyak perjuangan yang telah dilakukan.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menjaga kehamilan, tetapi terkadang hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Begitu pula yang dialami oleh beberapa pasangan selebriti Tanah Air yang harus menerima kabar duka setelah mengalami keguguran pada kehamilan anak keduanya.

Baru-baru ini, kabar kurang menyenangkan datang dari aktris dengan julukan Ratu Sinetron Indonesia, Nikita Willy. Melalui laman instagram pribadinya, perempuan yang akrab disapa Niki ini mengumumkan bahwa dirinya mengalami keguguran ketika kandungannya berusia 7 minggu.

Selain Nikita Willy, beberapa selebriti papan atas seperti Acha Septriasa hingga Nagita Slavina juga pernah mengalami kejadian pahit ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang sederet selebriti yang harus tabah dan tegar setelah menelan kesedihan karena keguguran di kehamilan keduanya, Rabu (21/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Nikita Willy

Sejak dikaruniai anak, gaya parenting bintang sinetron Nikita Willy dalam mengasuh anak kerap menjadi perbincangan warganet.

Namun, belum lama ini, ibu satu anak itu mengabarkan berita duka bahwa dirinya baru saja mengalami keguguran di kehamilan keduanya. Kabar sedih ini diungkapkan Niki terjadi di awal tahun 2024 ini.

Bulan kemarin [Januari], kami mengalami kehilangan atas bayi kami tercinta yang berusia 7 minggu,” tulis Nikita Willy di Instagram pribadinya, dikutip pada Rabu (21/2/2024).

Dalam unggahan video reels tersebut, istri Indra Priawan ini tak kuasa menahan kesedihannya karena kehamilan keduanya ini telah ia dambakan sejak lama.

"Saya teringat dokter mengatakan keguguran adalah cara tubuh melepaskan kehamilan yang tidak dapat bertahan lama, sehingga nantinya tubuh bisa kembali mengandung buah hati yang lebih sehat," sambung pelantun lagu "Kutetap Menanti" itu.

Niki juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin membagikan momen pahit ini untuk saling menguatkan dan mendukung sesama perempuan yang memiliki kejadian serupa.

3 dari 8 halaman

2. Acha Septriasa

Awal tahun 2023 kemarin menjadi mimpi buruk bagi pemain film Heart, Acha Septriasa. Pasalnya, ia dikabarkan mengalami syok pasca keguguran anak keduanya. Sebelumnya, Acha pernah mengumumkan kehamilan keduanya pada Desember 2022 lalu.

Berita yang tidak terduga dan mungkin sangat tidak diinginkan adalah; 'kami telah kehilangan kehamilan' pada trimester pertama. Kami merasa sangat sedih, ada momen refleksi yang besar sampai saat ini, namun kami telah kembali lebih kuat dari sebelumnya sebagai Keluarga 3 orang,” ungkap Acha via Instagram pribadinya, dikutip pada Rabu (21/2/2024).

Meski kejadian pahit ini membuat Acha dan keluarganya terpukul, ia berupaya untuk tetap tegar dan ikhlas menghadapi kenyataan tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Annisa Pohan

Annisa Pohan juga menjadi salah satu selebritis Tanah Air yang pernah mengalami keguguran saat hamil anak keduanya dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kabar menyedihkan ini dialami oleh Annisa pada tahun 2022 silam.

Perempuan kelahiran 1981 ini menceritakan dirinya mengalami keguguran ketika usia kandungannya memasuki 7 minggu. Sayangnya, setelah diperiska oleh dokter spesialis, janin dalam perutnya tidak mampu berkembang dengan baik dan harus menjalani pembersihan janin dengan sistem ERPOC atau kuret.

Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu, ukuran babynya terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan," tulis Annisa Yudhoyono melalui Instagram prbadinya, dikutip Rabu (21/2/2024).

5 dari 8 halaman

4. Asmirandah

Keguguran juga pernah menimpa Asmirandah kala terinfeksi virus COVID-19 pada tahun 2022 lalu. Hal tersebut membuat artis yang akrab disapa Andah ini kesulitan memeriksakan kandungannya lantaran harus menjalani isoman.

Setelah dinyatakan sembuh, ia dan suaminya, Jonas Rivanno, langsung melakukan pemeriksaan kandungan. Tetapi sayangnya, pasangan yang menikah pada tahun 2013 ini harus mengikhlaskan kepergian calon anak keduanya tepat di usia kehamilan memasuki 11 minggu.

Dokter memperkirakan bahwa detak jantung bayi yang Andah kandung sudah tidak ada sejak usia 9 minggu.

6 dari 8 halaman

5. Dinda Hauw

Bintang film kenamaan Indonesia, Dinda Hauw, juga harus merelakan kepergian calon anak kembar di kehamilan keduanya pada Maret 2022.

Awalnya, Dinda Hauw tak menyadari tengah mengandung anak kembar. Ia kemudian melakukan pemeriksaan tes USG, dari dua kantung hanya ada satu kandung yang berkembang.

Seminggu setelahnya, ia mengalami pendarahan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, janin yang ada dalam perutnya sudah tidak memiliki detak jantung.

Kini, Dinda Hauw dan Rey Mbayang telah dikaruniai anak kedua pada 2 Maret 2023 itu diberi nama Arashkaba Muhammad Mbayang.

7 dari 8 halaman

6. Nagita Slavina

Sebelum melahirkan Cipung atau Razzanza Malik Ahmad pada tahun 2021 lalu, Nagita Slavina dikabarkan sempat mengalami keguguran calon anak keduanya saat kandungannya baru memasuki usia 4 minggu.

Setelah diusut, Dokter mengatakan bahwa kelelahan menjadi faktor utama yang menyebabkan istri dari Sultan Andara ini alami keguguran.

8 dari 8 halaman

7. Tasya Farasya

Kabar duka juga dialami selebgram sekaligus beauty vlogger, Tasya Farasya, setelah mengalami keguguran saat kehamilan anak keduanya pada tahun 2021 lalu. Momen pahit ini dibagikan tasya dengan mengunggah foto USG di akun instagramnya.

Innalillahi wainna ilaihi raajiun, till we meet again (emoji love),” tulis Tasya Farasya dalam postingan Instagram pribadinya, dikutip Rabu (21/2/2024).

Dalam postingan tersebut, Tasya juga mengunggah foto selfie dirinya yang bersandar di bahu sang suami sambil tersenyum tabah mengikhlaskan calon anak keduanya. Tak hanya itu, Tasya juga menerima banyak dukungan dari rekan selebritis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.