Sukses

Agensi Kim Ji Woong Zerobaseone Buka Suara, Sebut Makian dan Ucapan Terima Kasih Datang dari Orang Berbeda

Wakeone juga minta pengertian penggemar karena mereka butuh waktu sebelum bisa merilis hasil analisis digital forensik terkait insiden yang terjadi kepada Kim Ji Woong Zerobaseone.

Liputan6.com, Seoul - Wakeone, agensi Kim Ji Woong Zerobaseone, buka suara terkait kontroversi makian dalam fan sign yang selama dua pekan terakhir menerpa sang artis. Pernyataan resmi agensi ini keluar tak lama setelah Dispatch merilis artikel yang memuat hasil analisis digital forensik terkait insiden ini.

Diwartakan Koreaboo, Sabtu (17/2/2024), dalam hasil analisis yang dilakukan Korea Forensic Science Service (KFSS) tersebut, disampaikan bahwa tak bisa dibuktikan bahwa orang yang memaki dalam video tersebut adalah Kim Ji Woong.

Pernyataan yang dirilis Wakeone juga mencuplik pemaparan dalam analisis ini, yakni bahwa ada orang berbeda yang mengucapkan kata “terima kasih” dan juga makian dalam bahasa Korea, “shib**.”

“Hasil analisis terhadap sifat khusus dalam suara di video, ditemukan bahwa suara orang yang mengucap 'terima kasih' dan yang mengucap kata makian, memiliki pitch dan tinggi berbeda dalam hal gelombang suara, dan ditemukan bahwa kedua kata ini datang dari orang berbeda,” kata perwakilan agensi.

Mereka juga mengutip hasil analisis yang mengungkap ada kemungkinan bahwa kata makian ini berasal dari sumber eksternal. “Kami memverifikasi bahwa hal ini bisa menjadi dasar untuk menyatakan bahwa makian tersebut tak diucapkan oleh artis kami,” kata pihak Wakeone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Butuh Waktu Sebelum Bisa Dipublikasikan

Wakeone juga minta pengertian penggemar karena mereka butuh waktu sebelum merilis hasil ini ke hadapan publik. Sekadar informasi, analisis terhadap video tersebut rampung dalam waktu lima hari.

“Kami berusaha memverifikasi fakta secara akurat dengan analisis khusus, meski kami memiliki kepercayaan mendalam kepada artis kami, berdasarkan sejumlah testimoni yang berbeda,” pihak Wakeone menyambung.

3 dari 4 halaman

Minta Maaf kepada Penggemar

Di pengujung unggahan, Wakeone minta maaf kepada penggemar yang khawatir karena insiden ini.

“Pada masa mendatang, kami berjanji untuk tak hanya melindungi artis kami dari bahaya dengan menggunakan landasan fakta, tapi juga berusaha sebaik mungkin mencegah fans terluka,” kata perwakilan agensi.

4 dari 4 halaman

Kesaksian Staf di Lokasi

Seperti diketahui, hasil analisis dari Korea Forensic Science Service (KFSS) dirilis oleh Dispatch. Selain itu, media Korea Selatan ini juga mempublikasikan testimoni seorang staf yang berada di lokasi kejadian.

“Aku tak ingat persisnya panggilan telepon penggemar tersebut dengan Kim Ji Woong. Tapi aku bisa menjamin bahwa Kim Ji Woong tidak mengucapkan makian. Aku tak mendengarnya mengucapkan hal itu,” kata dia. Sang staf juga menegaskan bahwa fan sign bukanlah tempat yang memungkinkan bagi sang member Zerobase untuk mengeluarkan kata tak pantas seperti yang dituduhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini