Sukses

Dispatch Ungkap Hasil Analisis Digital Forensik Kontroversi Makian Kim Ji Woong Zerobaseone

Materi yang dianalisis adalah video fan sign Kim Ji Woong Zerobaseone yang dipermasalahkan, sekaligus rekaman CCTV saat acara digelar.

Liputan6.com, Seoul - Dua pekan setelah kontroversi makian di video fan sign menimpa Kim Ji Woong Zerobaseone, akhirnya muncul titik terang. Dilansir dari Koreaboo, Sabtu (17/2/2024), media Korea Dispatch mengungkap hasil analisis digital forensik terhadap insiden ini.

Dalam dokumen yang ditampilkan, analisis ini dilakukan Korea Forensic Science Service (KFSS), firma konsultan swasta yang dioperasikan Dr Lee. Ia adalah sosok yang diklaim telah berpengalaman selama 30 tahun di Badan Forensik Nasional Korea Selatan.

Sedikit mengilas balik, dalam video yang dipermasalahkan ini sang member Zerobaseone diduga mengucap kata “Shib**” yang merupakan kata makian yang sangat kasar dalam bahasa Korea. Videonya diunggah sosok anonim yang diduga penggemar yang mengikuti fan sign tersebut.

Materi yang dianalisis adalah video fan sign Kim Ji Woong yang dipermasalahkan, sekaligus rekaman CCTV saat acara ini digelar. Video milik fans ini dipecah dalam tiga bagian.

Bagian A memuat bagian di mana terdengar suara “terima kasih.” Bagian B adalah saat muncul kata “shib**” sementara bagian C memuat suara yang mengatakan “aneh banget.”

Ketiga bagian ini kemudian disandingkan dalam rekaman CCTV.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagian B dan C yang Dipermasalahkan

Berdasarkan analisis KFSS, bagian A atau ucapan terima kasih dikonfirmasi berasal dari Kim Ji Woong, dikuatkan oleh footage dari CCTV. Bagaimana dengan bagian B dan C?

“Mustahil untuk mengonfirmasi Kim Ji Woong adalah pemilik dari suara tersebut,” begitu pernyataan KFSS soal bagian B dan C. Apalagi, dalam video milik penggemar, tak ada visualisasi saat bagian ini diucapkan.

3 dari 4 halaman

Diduga Diucapkan Orang yang Berbeda

Dalam analisis disampaikan pula bahwa ketiga bagian ini tak direkayasa, dan direkam dalam satu take yang berkelanjutan. Hanya saja, dideteksi adanya perbedaan frekuensi di antara ketiga bagian ini.

Hal ini bermakna bahwa audio tersebut berasal dari sejumlah suara berbeda. “Diduga orang yang berbicara di Bagian A dan orang yang berbicara di bagian B adalah orang yang berbeda,” kata pihak KFSS.

4 dari 4 halaman

Tak Muncul di CCTV

Ditambahkan pihak KFSS, “Pergerakan dalam video yang dikirim warganet dan gerakan subjek di video menunjukan ada sejumlah perangkat berbeda yang digunakan untuk merekam interaksi ini. Berdasarkan sejumlah faktor di atas, bagian B diduga masuk ke audio dari suara luar."

Hanya saja, di rekaman CCTV dalam momen ini tidak menunjukkan wajah Kim Ji Woong karena terhalang oleh member Zerobaseone yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.