Sukses

6 Fakta Monster Masuk Daftar Film Favorit Barack Obama 2023, Sejajar dengan Oppenheimer dan Past Live

Tiap tahun Barack Obama punya daftar film favorit yang jadi bahasan media AS. Yang menarik, Monster karya sineas Jepang Hirokazu Kore-eda masuk list-nya.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi mantan Presiden AS, Barack Obama pencinta film. Tiap tahun, ia punya daftar film favorit yang jadi bahasan media AS. Yang menarik, Monster karya sineas Jepang, Hirokazu Kore-eda, masuk dalam list Obama.

Monster yang berjudul asli Kaibutsu masuk dalam daftar film favorit Barack Obama bersama Air karya Ben Affleck dan Past Live besutan Celine Song, yang diganjar 5 nominasi Golden Globe Awards 2023.

Daftar film favorit Barack Obama tahun ini juga memfiturkan Oppenheimer besutan Christopher Nolan. Monster sendiri telah melenggang di sejumlah ajang penghargaan termasuk Festival Film Cannes.

Akankah Oscar 2024 meliriknya? Laporan khas Showbiz Liputan6.com akhir pekan ini merangkum 6 fakta seputar Monster yang diam-diam menyelinap dalam daftar film favorit Barack Obama 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Penghargaan dari Festival Film Cannes

Dirilis di Jepang, 2 Juni 2023, Monster lebih dulu mendapat kesempatan emas menggelar premiere di Fesival Film Cannes, Mei 2023. Di sana, film yang naskahnya digarap Yuji Sakamoto ini disambut hangat.

Monster pulang ke Negeri Sakura bersama dua penghargaam bergengsi yakni Queer Palm serta Skenario Terbaik. Selain itu, Monster berjaya di Festival Film Internasional Chicago, AS.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Favorit Barack Obama

Lewat akun Instagram terverifikasi, 28 Desember 2023, Barack Obama menyebut 3 film terbaik versinya, yakni Rustin, Leave The World Behind, dan American Symhony. Ia juga merilis 10 film favoritnya sepanjang tahun ini.

Monster bertengger di peringkat keenam. Kesepuluh film itu yakni: The Holdovers, Blackberry, Oppenheimer, American Fiction, Anatomy of Fall, Monster, Past Live, Air, Polite Society, dan A Thousand and One.

 

4 dari 7 halaman

3. Syuting Libatkan 700 Siswa SD

Melansir dari berbagai sumber, syuting film Monster digelar di 25 lokasi di kawasan Suwa, Okaya, Fujimi, dan Shimosuwa Jepang, dengan melibatkan 700 siswa SD sebagai figuran.

Proses pengambilan gambar Monster dilakukan dalam dua tahap yakni, dari 19 Maret hingga 12 Mei 2022. Setelahnya, syuting dilanjutkan dari 23 Juli hingga 12 Agustus 2022.

 

5 dari 7 halaman

4. Tentang Minato Yang Aneh

Monster mengisahkan, Minato (Soya Kurokawa) yang belakangan bertingkah aneh dan membuat ibunya, Saori (Sakora Ando) curiga. Tak lama setelahnya, salah satu guru Minato diduga bertanggung jawab atas insiden ini.

Menolak diam, Saori menghadap guru dan petugas admin sekolah. Situasi merumit. Saori dihadapkan pada kebenaran dalam beragam sudut pandang: versi Minato dan versi sang guru. Mana yang layak dipercaya?

 

6 dari 7 halaman

5. Rekam Jejak Gemilang Hirokazu Kore-eda

Para pencinta sinema tak kaget kualitas Monster disanjung kritikus dunia hingga Barack Obama. Mengingat, sineas Hirokazu Kore-eda punya rekam jejak gemilang di jagat sinema. Monster film berbahasa Jepang pertama yang ia garap sejak kesuksesan Shoplifters (2018).

Shoplifters adalah nomine Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globes, BAFTA Awards, dan Academy Awards ke-91 alias Oscar 2019. Sayang, di Oscar ia kalah dari Roma. Tapi toh, tetap saja membanggakan!

 

7 dari 7 halaman

6. Dihujani Pujian Kritikus Dunia

Berjaya di Festival Film Cannes, Monster banjir pujian kritikus dunia. Peter Bradshaw dari The Guardian menyebut film ini merefleksikan kecerdasan moral dan rasa kemanusiaan. Alissa Wilkinson dari Vox memuji penyutradaraan Hirokazu Kore-eda yang detail.

Ia menyorot performa anak-anak dalam Monster yang tampak gemilang berkat arahan sang sutradara. Film Monster dapat diakses secara legal di platform streaming KlikFilm mulai Februari 2024. Nantikan, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.