Sukses

Anak Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Mengingat Wajah dan Nama di Ajang World Memory Championship (WMC) 2023

Ajang WMC 2023 ini diikuti oleh total 114 peserta dari 7 negara, yaitu Indonesia, Filipina, China, Mongolia, Jerman, India, dan Amerika

Liputan6.com, Jakarta Janet Valencia Dema Rante, 21 tahun, berasal dari Depok berhasil mencatatkan sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil meraih rekor dunia dalam mengingat wajah dan nama di ajang WMC 2023 di Sanya City, China.

Rekor ini berhasil diraihnya setelah mampu mengingat 194 wajah dan nama dalam waktu 15 menit. Rekor ini juga akan dicatatkan dalam Guinness World Records. 

Ajang WMC 2023 ini diikuti oleh total 114 peserta dari 7 negara, yaitu Indonesia, Filipina, China, Mongolia, Jerman, India, dan Amerika.

Indonesia mengirimkan 2 peserta yang bertanding pada ajang ini yaitu Janet Valencia Dema Rante dan Faiza Aliyya Renata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Medali Emas

Indonesia juga berhasil mendapatkan prestasi lain yaitu medali emas dari cabang random words yang diraih oleh Janet, dengan catatan rekor mengingat 179 urutan kata acak dalam waktu 15 menit, serta penghargaan Best New Player yang didapatkan dari Faiza.

Keluar sebagai juara umum pada ajang WMC ini ialah Tenuun Tamir dari Mongolia. Ia berhasil mengumpulkan 7 dari 10 medali emas yang diperebutkan.

 

3 dari 4 halaman

Best Organization Award dari World Memory Sports Council (WMSC)

Indonesia melalui Indonesia Memory Sports Council (IMSC) yang telah berdiri sejak tahun 2014 juga mendapatkan penghargaan bergengsi yaitu Best Organization Award dari World Memory Sports Council (WMSC).

Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam mempromosikan memory sport yang bermanfaat untuk daya ingat dan kesehatan otak kepada masyarakat selama 9 tahun terakhir. Penghargaan ini didapatkan oleh Indonesia bersama 2 negara lainnya yaitu Filipina dan Mongolia.

 

 

4 dari 4 halaman

10 Cabang Kompetisi

Kejuaraan yang digelar di kawasan Sanya City, China ini memperlombakan 10 jenis cabang kompetisi yang menguji kemampuan otak dalam mengingat.

Di antaranya Names and Faces (15 menit mengingat wajah dan nama), Binary Numbers (30 menit mengingat urutan angka biner acak),  Random Images (5 menit mengingat urutan gambar acak), Random Numbers (5 menit dan 60 menit mengingat urutan angka acak).

Kemudian Fictional Dates (5 menit mengingat tahun dan kejadian), Random Words (15 menit mengingat urutan kata acak), Spoken Numbers (mengingat deretan angka yang diperdengarkan dalam interval satu detik per angka), dan Random Cards (mengingat urutan kartu remi yang telah dikocok dengan batasan waktu 5 menit dan 60 menit).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.