Sukses

Content Creator Dennis Guido Uji Lab Kandungan Nutrisi Makanan dan Minuman Kemasan, Temuannya Mengejutkan saat Dicocokkan dengan Label

Uji lab dilakukan oleh Dennis Guido ke sejumlah makanan dan minuman kemasan yang disebut-sebut bisa mengganti real food.

Liputan6.com, Jakarta Dennis Guido yang kerap disapa Dennis, salah seorang Food Technologist asli Indonesia sekaligus juga seorang Content Creator seputar informasi tentang teknologi pangan, melakukan Uji Lab kandungan Gula, Protein, Serat, dan Lemak.

Uji lab dilakukan oleh Dennis Guido ke sejumlah produk makanan dan minuman kemasan yang dikenal bisa mengganti makanan real food dengan nutrisi tinggi. Lalu, apakah deretan produk tersebut benar-benar aman bagi kesehatan?

Sebelum menuju jawaban, kita tahu betapa pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh atau imunitas. Demi meningkatkan daya tahan tubuh di era ini, masyarakat seolah “latah” mengonsumsi segala sesuatu yang diklaim mampu melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

Sebuah unggahan yang disampaikan Dennis pun mengungkapkan hasil uji lab deretan produk Meal Replacement seperti minuman yang berprotein dan berserat tinggi, hingga akhirnya kini ramai di media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hasil Uji Lab Dennis

Hasil uji lab dari laboratorium yang ditemukan Dennis, menunjukan banyaknya perbedaan kandungan nutrisi pada deretan makanan dan minuman kemasan di label belakang produk dengan hasil Uji Lab.

“Bagaimana cara kita bisa menghindari mengonsumsi gula kalau tulisan di informasi gizi aja bisa beda kayak gini? Terus serat dan proteinnya banyak yang beda dari yang mereka tulis,” ujar Dennis, Food Technologist.

 

3 dari 5 halaman

Kandungan yang Jauh Berbeda

Ada satu produk yang dikenal dengan minuman kekinian, mengklaim bebas kandungan gula. pasalnya setelah dicek ternyata terdapat kandungan gula 20 gram dalam 1 serving produk yang terdapat di minuman kekinian tersebut.

Produk lainnya yang kerap dikenal "Produk Multigrain", nyatanya memiliki diferensiasi pada kadar gula lebih banyak dua kali lipat, yaitu 8.28 gram. Serat yang tertulis 7 gram di label kemasan ternyata hanya 2.3gram. Cukup jauh dari kandungan yang tertera pada kemasan.

Perbedaan paling dominan datang dari kadar protein produk minuman suplemen yang tertulis sebesar 22 gram dan ternyata hasilnya hanya 2,75 gram. Gula yang tertulis 1 gram ternyata ada 23.89 gram.

 

4 dari 5 halaman

Fatal jika Konsumsi Gula Terlalu Berlebih

Tak ada yang tahu , bahwa kadar gula yang pada awalnya tampak sekian manis sebenarnya bisa menyebabkan fatal jika konsumsi gula itu terlalu berlebih. Berbagai tipe masalah kesehatan juga akan mulai mengintai bersamaan dengan makin seringnya mengonsumsi gula.

Diabetes, penyakit paling mematikan di dunia serta seringkali dijelaskan jadi sumber dari semua tipe penyakit ini, telah banyak menelan korban. Bila seringkali konsumsi gula terlalu berlebih, sudah bukan mustahil lagi jika penyakit yang satu ini juga akan mengintai.

 

5 dari 5 halaman

Ada yang Memiliki Nutrisi Sepadan

Berdasarkan uraian Uji Lab yang ditemukan oleh Dennis, adanya beberapa produk lain yang memiliki nutrisi yang sepadan akan Uji Gula, Protein, dan Serat antara di kemasan dengan hasil Uji tersebut.

Misalnya seperti brand “minuman sereal dan susu”, brand makanan “sehat diet friendly”, brand “multigrain product”, serta brand “serbuk minuman sereal”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini