Sukses

Anak Joanna Alexandra Menderita Bronkopneumonia, Panik Buru-Buru ke IGD Sampai Tak Sempat Mandi

Minggu lalu, 6 November 2023, Joanna Alexandra menghadapi momen cemas ketika putrinya, Ziona, mengalami gejala batuk yang tidak biasa dan sangat lemah.

Liputan6.com, Jakarta Joanna Alexandra membawa kabar kurang menyenangkan yang sedang dialaminya bersama putrinya, Ziona Eden Alexandra Panggabean. Minggu lalu, 6 November 2023, Joanna menghadapi momen cemas ketika Ziona mengalami gejala batuk yang tidak biasa dan tampak sangat lemah.

Joana segera membawa Ziona ke IGD tanpa sempat mandi, menyadari bahwa situasi memerlukan penanganan segera. Pasalnya, saturasi oksigen sang putri itu tergolong rendah.

"Pagi2, Ziona batuk dan super lemes, cek saturasi 87, langsung ngibrit ke IGD gak pake mandi. Akhirnya masuk rawat inap…,” tulis Joanna Alexandra dalam unggahan di Instagram pada Senin (13/11/2023). 

Namun hingga malam di hari pertama, kondisinya masih mengkhawatirkan. Dalam slide yang dibagikan Joanna, terlihat perjalanan dari IGD hingga ke PICU. Di IGD, Ziona menggunakan oksigen dan infus, namun kondisinya belum membaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cemas dan Khawatir

Joanna Alexandra menggambarkan kelelahan dan kecemasan yang dirasakannya selama malam pertama di PICU.

tapi sampe malam saturasinya masih rendah dengan oksigen maksimal, plus lemes banget adekkk, nafas ngos2an... Akhirnya jam 7 malam persiapan masuk observasi di PICU... Ada2 aja emang bikin sport jantung 🫠 Malam pertama ninggalin Mblut di PICU rasanya hati ini kaya lagi diiii… aaaah aukk lah.. gak bisa dijelaskan," cerita Joana.

 

3 dari 5 halaman

Hasil Lab

Di hari kedua, tanggal 7 November, Joanna melaporkan bahwa Ziona bisa tidur nyenyak di PICU. Hasil lab menunjukkan bahwa Ziona terkena bronkopneumonia akibat Resp. Syncytial Virus, dan juga mengalami hyponatremia yang membuatnya lemas.

“Lanjut day-2 adeeeek tanggal 7 Nov. jam 6 pagi mamajo langsung meluncuuuur ke PICU, ternyata adek bisa bobo pules... Hasil lab jadi Ziona kena bronkopneumo karena Resp. Synctial Virus.. plus hyponatremia juga jadi lemes banget bocil kasiaaaan.. biasanya cerewet, skrg ngomong “mama” aja bisik2 😔,” bebernya.

4 dari 5 halaman

Bersyukur atas Kinerja Dokter

Dokter merencanakan pemasangan CVC di leher Ziona, dan meskipun prosedur ini menantang, Joanna bersyukur atas dukungan dokter bedah dan dokter anestesi.

"Siang-siang langsung diatur untuk pasang CVC di leher (hadoh. Hadooooohhhhh!!!) Puji Tuhan dokter bedah sm dokter anastesinya 👌🏻👌🏻👌🏻 Jadi Zio mayan happy karena tangannya bebas infus jadi bisa pegang2 mainan," tambah Joana.

 

5 dari 5 halaman

Doa

Unggahan itu langsung dibanjiri doa dan dukungan dari para sahabat Joanna Alexandra. Mereka mendoakan agar putri Joana Alexandra itu lekas kembali pulih.

GWS Ziona. GBU,” tulis Angga Sasongko.

“Cepat pulih Cantik.. GBU sayang.. semangat mamajo.. sehat2 kmu yahh.. ❤️,” timpal Astrid Tiar.

 “Yaampunnn, been there🥺🥺 paham bgt rasanya tegang nungguin anak sehat krn broncopneu.. stay strong joo!!” Tambah Zaskia Adya Mecca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini