Sukses

Peringati 10 November Sebagai Hari Pahlawan Indonesia, Ini Lirik dan Makna Lagu Nasional Gugur Bunga

Berikut lirik lagu dan makna lagu nasional Gugur Bunga karya Ismail Marzuki.

Liputan6.com, Jakarta - 10 November secara nasional telah ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Indonesia. Pada tanggal ini, bangsa Indonesia mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang hingga menumpahkan keringat dan darah mereka demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu lagu nasional yang menjadi lambang perasaan bangsa Indonesia atas kehilangan pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan adalah lagu "Gugur Bunga."

Lagu yang diciptakan oleh Ismail Marzuki pada tahun 1945 ini adalah lagu yang memiliki simbol sebagai perasaan hormat dan penghargaan bagi para pahlawan yang telah gugur.

Simak lirik lagu dan makna lagu "Gugur Bunga" selengkapnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Lagu Gugur Bunga

Betapa hatiku takkan pilu

Telah gugur pahlawanku

Betapa hatiku takkan sedih

Hamba ditinggal sendiri

 

Siapakah kini plipur lara

Nan setia dan perwira

Siapakah kini pahlawan hati

Pembela bangsa sejati

 

Telah gugur pahlawanku

Tunai sudah janji bakti

Gugur satu tumbuh seribu

Tanah air jaya sakti

 

Gugur bungaku di taman bakti

Di haribaan pertiwi

Harum semerbak menambahkan sari

Tanah air jaya sakti

3 dari 3 halaman

Makna Lagu Gugur Bunga

Makna dari lagu "Gugur Bunga" berkaitan erat dengan semangat perjuangan dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan Indonesia, terutama yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah.

Lirik lagu ini menggambarkan suasana duka dan kepedihan atas pengorbanan para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa.

"Gugur Bunga" juga menciptakan suasana penghormatan terhadap nilai-nilai kejuangan dan patriotisme. Meskipun mengandung kesedihan, lagu ini mengingatkan kita untuk menghargai dan tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.