Sukses

Mahfud MD Gembira Majelis Kehormatan Dibentuk Terkait Dugaan Pelanggaran Etik MK: Mereka Tak Bisa Didikte

Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD, menyambut gembira terbentuknya Majelis Hakim Kehormatan untuk menangani dugaan pelanggaran etik MK.

Liputan6.com, Jakarta Cawapres yang diusung PDI Perjuangan, Mahfud MD akhirnya menyampaikan pernyataan sikap terkait pembentukan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) merespons sejumlah laporan terkait dugaan pelanggaran etik hakim MK.

Melansir dari berbagai sumber, ada 7 aduan dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim akibat putusan MK perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 yang dinilai membuka celah untuk Gibran Rakabuming Raka melenggang ke Pilpres 2024.

Putusan ini memantik huru-hara mengingat Ketua MK, Anwar Usman, adalah paman Gibran Rakabuming Raka setelah menikahi adik Jokowi. Merespons aduan terkait putusan MK, Majelis Kehormatan dibentuk dan diperkuat sejumlah hakim dengan kredibilitas tak main-main.

Ketiganya yakni Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Prof. Dr. Bintan Saragih, dan Dr. Wahiduddin Adams. Mahfud MD gembira atas terpilihnya ketiga nama tersebut untuk memperkuat MKMK. Ia optimistis penegakan hukum di Indonesia masih ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kita Sambut Gembira

Kita sambut gembira, hari ini kita mendengar bahwa Majelis Kehormatan Hakim (MKH) terkait pengaduan dugaan pelanggaran etik hakim MK sudah ditunjuk,” ungkap Mahfud MD lewat akun Twitter terverifikasi, Selasa (24/10/2023).

Ia mengaku kenal baik dengan ketiga tokoh yang ditunjuk memperkuat majelis kehormatan MK. Rekam jejaknya tak diragukan lagi. Yang tidak kalah penting, tak bisa didikte pihak-pihak tertentu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Berintegritas, Tak Bisa Didikte

Yakni Jimly Asshiddiqy, Bintan Saragih, Wahiduddin Adam. Saya kenal baik ketiganya sebagai orang-orang yang berintegritas, tak bisa didikte. Selamat,” Mahfud MD mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, Prabowo secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Pemilu 2024. Pengumuman ini direspons beragam. Ganjar Pranowo menyelamati dan mengajaknya bertanding secara sehat.

 

4 dari 4 halaman

Semua Warga Negara Punya Hak

“Semua warga negara punya hak ya, untuk turut serta dalam sebuah kontestasi. Jadi, selamat. Mudah-mudahan kita akan bertanding fair, sehat, dan menyenangkan,” ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Gibran pun merespons ajakan ini seraya memastikan pertandingan dalam pemilu 2024 berjalan adil dan sehat. “Ya, ya, pasti-pasti (bertanding secara fair dan sehat di Pemilu 2024). Matur nuwun,” ia merespons.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini