Sukses

T’Koes Band Terima Larangan dari Keluarga Koes Plus, Sejak 23 September Sudah Tak Lagi Bawakan Karya-Karya Koes Plus

Menyusul pengumuman tersebut, T’Koes band pun telah mengambil sikap dan menyatakan menerima larangan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Koes Plus beberapa waktu lalu membuat pengumuman yang menghebohkan dunia musik Tanah Air. Mereka yang terdiri dari David Koeswoyo mewakili keluarga almarhum Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili keluarga Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, dan Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo, dengan tegas menyatakan bahwa band T'Koes dilarang membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus.

Menyusul pengumuman tersebut, T’Koes band pun telah mengambil sikap. Di hadapan wartawan, mereka menyatakan menerima larangan tersebut.

Hal itu disampaikan mereka yang didampingi juga oleh manajer band serta kuasa hukum saat menggelar konferensi pers di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

"Sebenarnya udah ada upaya, jadi ketika kita dapat video pelarangan itu kita langsung merespons karena kita dapatnya jam 10 malam makanya pagi-pagi kita call ya, jadi saya berinisiatif besok paginya. Kita telepon dan WhatsApp baru sempat ngobrol ya,” kata Wati, manajer T’Koes band. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menerima Apapun Alasannya

Wati mengungkapkan bahwa band tersebut telah menerima larangan tersebut tanpa syarat apapun.

“Saat itu juga kita menyatakan bahwa kita menerima pelarangan itu. Apapun alasannya kita tanpa syarat kita menerima," ungkap Wati.

T'Koes Band berusaha untuk menjaga transparansi dalam hal ini dan telah mengundang keluarga Koes Plus untuk bertemu dan hadir juga dalam preskon tersebut.

"Supaya ini clear kita ingin ini disampaikan untuk terbuka, undang mereka datang gitu. kita juga mengundang mas Damon, tapi mas Riko bilang dia gak bisa hadir dan akan hadir insyaallah kuasa hukumnya. Sampai sore ternyata nggak bisa hadir akhirnya kita gelar bersama temen-temen wartawan kita nyatakan kita menerima larangan itu dan berjanji tidak akan membawakan lagu-lagu Koes Plus,” tegasnya.

 

3 dari 4 halaman

Sudah Tak Bawakan Lagu Koes Plus

Sejak pengumuman larangan tersebut, T'Koes Band telah mematuhi ketentuan tersebut dan tidak membawakan lagu-lagu Koes Plus dalam penampilan mereka, termasuk dalam acara yang mereka gelar di Pekanbaru pada tanggal 23 September. Selain itu, mereka juga menyatakan selalu mendaftarkan lagu-lagu yang biasanya mereka bawakan ke Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) untuk menjaga ketertiban hak cipta.

“Ada show kita tanggal 23 di Pekanbaru kita tidak membawakan lagu Koes Plus. Lalu lagu-lagu yang kami bawakan sudah didaftarakan ke lmk,” sambungnya

 

4 dari 4 halaman

Mohon Maaf

Wati juga mengungkapkan upaya komunikasi mereka dengan keluarga Koes Plus melalui WhatsApp, meskipun belum mendapatkan jawaban yang memadai. Dia menyatakan harapannya agar klarifikasi ini dapat dijadikan jawaban yang memadai dan memperjelas situasi ke depannya. Di akhir pernyataannya, Wati juga menyampaikan permohonan maaf dari T'Koes Band jika ada hal yang membuat situasi tidak nyaman dalam perkembangan kontroversi ini. Mereka berharap situasi ini dapat diselesaikan secara baik-baik dan menjaga hubungan yang harmonis dalam dunia musik Indonesia.

“Kami ingin bertemu, saya whtsaapp lagi, meskinya hari ini kita undang untuk bertemu tapi gak ada jawaban. Akhirnya kami sepakat dengan kuasa hukum kami menyampaikamnya secara terbuka dan dengan harapan ini menjadi jawaban dan kedepannya clear. Jika ada sesuatu yang membuat situasi tidak nyaman kami secara keluarga kami mohon maaf,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.