Sukses

Keluarga Besar Koeswoyo Hanya Melarang T’Koes, Band Lain yang Ingin Nyanyikan Karya Koes Plus Dipersilakan

Salah satu perwakilan keluarga Koes Plus, menegaskan bahwa band lain yang ingin membawakan karya dari Koes Plus atau Koes Bersaudara masih diperbolehkan. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi terkait larangan T'Koes Band untuk menyanyikan lagu-lagu Koes Plus yang diumumkan oleh keluarga besar Koes Plus masih menjadi sorotan utama di dunia musik Tanah Air.

Namun, dalam wawancara lebih lanjut dengan keluarga Koes Plus, terungkap bahwa larangan ini tidak berlaku untuk semua musisi yang ingin menyanyikan karya Koes Plus atau Koes Bersaudara.

David Koeswoyo, salah satu perwakilan keluarga Koes Plus, menegaskan bahwa band lain yang ingin membawakan karya dari Koes Plus atau Koes Bersaudara masih diperbolehkan.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih lagi jika lagu-lagu Koes Plus itu dinyanyikan untuk kepentingan komersil.

"Enggak dong, nggak dilarang. Siapapun yang ingin membawakan lagu-lagu Koes Plus, Koes Bersaudara, silahkan. Tapi juga mereka harus belajar mengenai aturannya, bila mana mereka sudah menjadi komersil ya. Band yang komersil, itu kan baku sekali ya. Jangan dipungkiri gitu, begitu pun dengan EO dan sebagainya lah gitu, mereka harus tahu itu. Jadi kalau kita melarang yang lain untuk membawa lagu-lagu Koes Plus atau Koes bersaudara, ya tidak,” katanya saat berbincang di kanal YouTube Heartline Network, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkaitan dengan Komersialisasi

Dengan pernyataan ini, keluarga Koes Plus memberikan penegasan bahwa larangan tersebut hanya berlaku khusus untuk T'Koes Band, dan bukan untuk semua musisi yang ingin menghormati karya Koes Plus dengan membawakan lagu-lagu mereka. 

Mereka menjelaskan bahwa aturan ini lebih berkaitan dengan komersialisasi dan penggunaan yang berulang-ulang dalam konteks yang memprofesionalkan.

"Bila dikomersilkan, baik di panggung sedang maupun besar, dan berulang-ulang, itu namanya kan memprofesionalkan, berkarier di situ kan. Nah, kita kalau manggung kan dapat honor, terus kan langsung dipotong sama pajak penghasilan. Nah sama aja, udah seperti itu,” timpal Damon Koeswoyo.

 

3 dari 4 halaman

Terkecuali

Namun untuk band-band kafe yang tidak mendapat bayaran dari aksi panggungnya, mereka dibebaskan.

“Tapi kalau untuk seperti misalnya, banyak teman-teman saya, anak-anak muda sekarang, main kafe. Kalau itu nggak apa-apa. Itu biar barokahnya ayah-ayah kita,” timpal Damon lagi.

 

4 dari 4 halaman

Tak Semua Musisi

Mereka berharap agar para musisi yang menghargai warisan musik Koes Plus dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak menyebabkan konflik yang tidak perlu.

Sekali lagi, mereka meluruskan bahwa pelarangan ini tidak berlaku untuk semua musisi, namun hanya untuk T'Koes band.

“Tidak ada yang kita larang. Itu di media online banyak sekali loh mengatakan bahwa kami ini keluarga Koes Plus melarang semua musisi untuk membawa lagu Koes Plus. Astaghfirullahaladzim. Apa nggak disimak gitu videonya baik-baik gitu,  iki piye? Apa sengaja ngebenturin kita lagi kan konyol sekali,” tegas David lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini