Sukses

Keluarga Besar Kembali Tegaskan T’Koes Band Tak Ada Hubungan Keluarga dengan Koes Plus

David Koeswoyo selaku putra Yon Koeswoyo juga menyebut bahwa pemimpin band T’Koes itu hanya sebatas penggemar Koes Plus yang memiliki obsesi ingin menjadi seperti Koes Plus.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar Koes Plus buka suara mengenai berita yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Terhitung sejak Jumat, 22 September 2023, keluarga Koes Plus memberikan pengumuman bahwa mereka melarang T’Koes band untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Sebagaimana diketahui, T’Koes merupakan band tribute atau band pelestari Koes Plus yang selalu menyanyikan lagu-lagu dari Koes Plus. Banyak yang sempat mengira bahwa T’Koes masih memiliki hubungan keluarga dengan Koes Plus.

Namun sekali lagi, pihak keluarga Koes Plus memberikan penegasan bahwa hal tersebut adalah tidak benar. 

“Dan kemudian bahwa, apa ya, kalau saya bilang, pembiaran mereka mengatakan bahwa mereka ini adalah cucu-cucunya keluarga Koeswoyo. Itu kan berarti kalau cucu-cucunya dari bapak-bapak kami, kan berarti otomatis anaknya saya, anaknya Mas Damon, anaknya Mas Nuri, atau anaknya Mas David. Ternyata kan bukan anak-anak kami,” kata Sari Koeswoyo, putri Yon Koeswoyo, saat berbincang di kanal YouTube Heartline Network baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terobsesi

Lebih lanjut, David Koeswoyo selaku putra Yon Koeswoyo juga menyebut bahwa pemimpin band T’Koes itu hanya sebatas penggemar Koes Plus yang memiliki obsesi ingin menjadi seperti Koes Plus.

“Bukan siapa-siapa, Mas. Jadi, T’Koes itu yang menjadi leadernya, si leader itu lah ya, nah dia penggemar Koes Plus, gitu loh, dia penggemar Koes Plus, dia mungkin terobsesi ya dengan Koes Plus, akhirnya dia membentuk grup band keluarga, ya itulah mereka. Itu anak-anak itu ya anak-anaknya si leader band T’Koes itu,” ujarnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Keturunan Koes

Sayangnya, masih banyak yang keliru dengan fakta ini. Masih banyak yang mengira bahwa T’Koes masih satu fam dengan keluarga Koeswoyo.

“Tapi yang sering beredar di luar, ya berita yang beredar di luar, bahwa T’Koes itu adalah keturunan dari keluarga Koes Plus. Ya itu enggak tau yang mulai siapa tapi ya, itu terjadi selama bertahun-tahun gitu seperti terjadi pembiaran gitu, oh iya biarkan aja, biarkan aja yang penting kita naik daun yang penting kita jadi terkenal ya, whatever lah kira-kira seperti itu,” lanjut David Koeswoyo lagi.

 

4 dari 4 halaman

Tak Melarang

Kembali ke masalah pelarangan lagu, hal ini bukan berarti semua band tidak boleh menyanyikan lagu-lagu dari Koes Plus. Mereka mengizinkan band-band pelestari untuk membawakannya, selama memahami aturan mengenai royalti dan dan sebagainya.

“Enggak dong, nggak dilarang. Siapa pun yang ingin membawakan lagu-lagu Koes Plus, Koes Bersaudara, silahkan. Tapi juga mereka harus belajar mengenai aturannya, bila mana mereka sudah menjadi komersil ya, band yang komersil, Itu kan baku sekali ya, jangan dipungkiri gitu, begitu pun dengan EO dan sebagainya lah gitu, mereka harus tahu itu. Jadi kalau kita melarang yang lain untuk membawa lagu-lagu Koes Plus atau Koes bersaudara, ya tidak,” tegas David Koeswoyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.