Sukses

Pengumuman, Band T’Koes Dilarang Membawakan Lagu-Lagu dari Koes Plus

T’Koes merupakan band tribute yang selama ini selalu membawakan lagu-lagu dari Koes Plus. Terhitung sejak diterbitkan pengumuman tersebut, T’Koes tidak lagi diizinkan untuk menyanyikan lagu Koes Plus.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar dari band Koes Plus mengeluarkan pengumuman resmi yang menggetarkan dunia musik Indonesia. Dalam pengumuman ini, para anggota keluarga Koes Plus, seperti David Koeswoyo mewakili keluarga almarhum Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili keluarga Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, dan Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo, dengan tegas menyatakan bahwa band T'Koes dilarang membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus.

Sebagaimana diketahui T’Koes merupakan band tribute yang selama ini selalu membawakan lagu-lagu dari Koes Plus. Terhitung sejak diterbitkan pengumuman tersebut, T’Koes tidak lagi diizinkan untuk menyanyikan lagu Koes Plus.

Keputusan ini diambil setelah keluarga Koes Plus memperoleh mandat dari anggota-anggota keluarga yang telah berpulang.

"Bismillahirahmanirrahim, hari ini jumat tgl 22 September 2023 Kami keluarga besar Koes Plus, saya David Koeswoyo mewakili kel alm Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili kel Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo," kata Sari Koeswoyo dikutip dari laman TikTok Damon Koeswoyo pada Jumat (22/9/2023).

"Yang sudah memberikan mandat kepada kami, menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini keluarga besar Koesplus melarang dan tidak memberikan izin kepada band T'Koes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus,” sambungnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komersil dan Non Komersil

Dengan begitu, band T'Koes tidak diizinkan lagi untuk membawakan lagu-lagu yang merupakan hasil karya dari keluarga besar Koes Plus. Larangan ini mencakup semua bentuk penggunaan lagu-lagu tersebut dalam kegiatan bermusik, baik itu dalam konteks komersil maupun non-komersil.

“Dan segala sesuatu yang terkait dalam kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk apapun baik komersil maupun non komersil,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Tebang Pilih

Pengumuman ini juga menegaskan bahwa keluarga besar Koes Plus tidak akan membedakan siapa yang melanggar larangan ini. Mereka menyatakan bahwa tindakan ini diambil sebagai sebuah pembelajaran yang berharga bagi semua pihak yang terlibat dalam industri musik, terutama bagi band-band yang berupaya melestarikan warisan musik Indonesia di berbagai penjuru negeri.

“Kami tidak tebang pilih. Hal ini kami lakukan agar menjadi pembelajaran untuk kita semua, serta khususnya band-band pelestari di mana pun berada di seluruh Indonesia,” tutup Sari Koeswoyo.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan

Karya-karya dari Koes Plus telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah musik Indonesia, dan larangan ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada industri musik tanah air. Keputusan ini memicu berbagai reaksi dari para penggemar, musisi, dan pihak terkait di seluruh negeri.

Sebagian besar merasa bahwa penting untuk menghormati keputusan keluarga besar Koes Plus dan menjunjung tinggi integritas karya-karya musik yang telah diciptakan oleh mereka selama ini.

t-koes memang pelestari tapi keluarga juga harus di kasih royalti, masak yg dapt duit malah orang lain,” tulis @PM Lestari farm.

“waduhhh...kalau ini sih Saya 10000% mendukung Keluarga Besar Koes Plus,” timpal @RudiPaus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini