Sukses

Nunung Srimulat Bersyukur Telah Menuntaskan Kemoterapi, Kini Disarankan Jalani Imunoterapi

Meskipun kondisinya sudah membaik, Nunung mengaku masih harus menjalani imunoterapi.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Nunung Srimulat bersyukur sudah menuntaskan pengobatan kemoterapi, untuk menghambat atau menghentikan sel-sel kanker di tubuhnya. Sebelumnya, Nunung juga diketahui telah menjalani operasi pengangkatan sel kanker payudara pada 6 Juni 2023 lalu.

Meskipun kondisinya sudah membaik, Nunung mengaku masih harus menjalani imunoterapi. Menurut Nunung, terapi itu penting dilakukan bagi penyintas kanker, untuk membangkitkan sistem imun dalam tubuh.

"Alhamdulillah kemonya udah selesai, tinggal kontrol-kontrol aja. Ya masih diharuskan untuk imunoterapi," ujar Nunung Srimulat di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2023).

"Itu kan nggak yang kayak kemo. Memang itu kan dibutuhkan. Ya alhamdulillah udah selesai kemonya," Nunung Srimulat menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diminta Memikirkan Imunoterapi

Diakui Nunung, dokter sempat menyarankan dirinya untuk memikirkan kembali imunoterapi ini. Jika Nunung bersedia, dokter menyarankan agar terapi itu dijalani tiga kali dalam sepekan selama satu tahun.

"Tiga minggu sekali sampai satu tahun, itu anjuran dokter. Cuma kemarin dokter bilang pikir-pikir dulu, Mbak," terangnya.

3 dari 4 halaman

Sudah Tak Sakit Lagi

Nunung bersyukur kemoterapi terakhir yang dijalaninya kemarin berjalan lancar. Dia juga mengaku dalam kondisi baik, dan sudah tidak lagi mengeluhkan rasa sakit.

"Ya lancar-lancar aja sih, nggak ada apa-apa. Sekarang juga baik-baik aja," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Rutin Konsumsi Jus

Selain pengobatan dari luar, Nunung juga rutin mengonsumsi jus untuk membantu pemulihan kulit, efek dari kemoterapi. Ia juga disarankan mengurangi makanan berbahan pengawet, daging merah, dan makanan yang diolah secara dibakar.

"Sekarang banyak jus ya karena memang harus kurangi daging merah, terus kayak makanan yang ada pengawet, yang dibakar. Itu memang harus dikurangi. Terus diperbanyak jus, mau sehari minum 5-6 kali nggak apa apa. Karena itu memang untuk kulit biar enggak gosong," Nunung Srimulat memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.