Sukses

6 Potret Menteri Sri Mulyani dan Retno Marsudi, Bestie Sejak SMA di Semarang Kini Jadi Srikandi Jokowi

Menteri Keuangan Sri Mulayni dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi bestie sejak era putih abu-abu. Keduanya lulusan SMA Negeri 3 Semarang Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi rupanya bestie sejak era putih abu-abu. Keduanya adalah lulusan SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah.

Siapa sangka, perputaran nasib membawa Sri Mulyani dan Retno Marsudi menjadi Srikandi Presiden Jokowi selama dua periode alias petahana. Persahabatan keduanya teruji oleh waktu.

Sri Mulyani kerap mengunggah potret bareng bestie di sela rapat dengan Presiden Jokowi, menjalankan tugas negara bareng, hingga yang terbaru menghadiri upacara bendera untuk memperingati HUT ke-78 kemerdekaan Indonesia, di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Bahkan, kedua menteri ini sempat berfoto dengan suami masing-masing. Sri Mulyani dan Retno Marsudi dinilai netizen ikon wanita cerdas Indonesia. Laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 potret Sri Mulyani dan Retno Marsudi dalam beragam pose.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. My Bestie!

Terang-terangan, Sri Mulyani memperkenalkan Retno Marsudi sebagai bestie-nya. “My Bestie @retno_marsudi and Mas Agus Marsudi,” cuitnya menyertai sejumlah foto yang diunggah di akun Instagram terverifikasi, Sabtu (19/8/2023).

Tak henti sampai di situ, Sri Mulyani yang pernah menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia mengutip sepenggal lirik lagu “Iko Iko” karya musisi Barbara Anne Hawkins, Joan Marie Johnson, dan Rosa Lee Hawkins. Berikut liriknya:

 

 

My bestie and your bestie

Sit down by di fire

Your bestie say she wan' party

So can we make these flames go higher?

Talkin' hey now (hey now), hey now (hey now)

Iko iko a nae

Chakimo fina a na nae

Chakimo fina nae (boom)

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Mamasa dan Timor Tengah Selatan

Melangkah ke Istana Merdeka Jakarta untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 RI dengan upacara bendera, Retno Marsudi tampil anggun dengan pakaian adat daerah Mamasa, Sulawesi Barat.

Sri Mulyani memakai baju adat Soe Timor Tengah Selatan dengan kombinasi warna biru dan merah dominan. Potret ini banjir pujian. Keduanya dijuluki Srikandi Indonesia. “Dua Srikandi Indonesia yg kami banggakan,” @esther**** menulis di kolom komentar.

 

4 dari 7 halaman

3. Foto Bareng Kepergok Jokowi

Setelah rapat internal dengan Presiden Jokowi di Jakarta, 1 Agustus 2023, Sri Mulyani dan Retno Marsudi niat banget foto bareng. Kocaknya lagi, saat sedang asyik foto bareng, keduanya kepergok RI-1. Presiden Jokowi pun maklum dengan tingkah kedua menterinya.

Presiden @jokowi tersenyum (sambil maklum) melihat Menlu @retno_marsudi dan Menkeu @smindrawati yang ‘mencuri’ momen berfoto bersama dengan latar belakang beliau. Saya dan Retno Marsudi seperti dua anak sekolah bandel ya,” beri tahu Sri Mulyani.

 

5 dari 7 halaman

4. Siswi SMA 3 Semarang

Sri Mulyani menceritakan persahabatan dengan Retno Marsudi dari sejak bangku SMA di Kota Lunpia, Semarang. “Bu Menlu @retno_marsudi dan saya. Cerita hari ini hari Selasa. Bertempat di Istana Merdeka, setelah rapat tentang kebijakan Visa,” ujarnya, 1 Agustus 2023.

Bagi Sri Mulyani, punya sohib kayak Retno Marsudi bukanlah persahabatan biasa. “Kami bukan sekedar teman biasa, sudah bersahabat sejak remaja, dari Semarang SMA Tiga,” ujar perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962.

 

6 dari 7 halaman

5. Bestie Jadi Pengurus Negara

Sri Mulyani menggambarkan persahabatannya dengan Retno Marsudi. “Sekarang bersama mengurus negara. Bu @retno_marsudi memimpin diplomat ulung di berbagai mancanegara, Saya sebagai bendahara negara,” ia memaparkan.

Apapun tugas kita. Persahabatan menjadi silaturahmi utama, bersama berkolaborasi dan berbakti untuk Indonesia,” imbuh Sri Mulyani lalu menyematkan emotikon sang Merah Putih. Berkelas banget ya, Bestie!

 

7 dari 7 halaman

6. Kerja Bareng Bestie, Tetap Profesional Sis!

Pada 10 Agustus 2023, Sri Mulyani dan Retno Marsudi mendampingi Presiden Jokowi menerima kedatangan Secretary-General of the Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Mr. Mathias Cormann.

OECD adalah forum 38 negara yang relatif maju/kaya yang berkolaborasi untuk mengembangkan dan membangun standar kebijakan mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang sustainable,” ia menerangkan.

Lewat status teks, Sri Mulyani menyebut, OECD menjadi ajang saling tukar pengalaman dalam mengatasi masalah pembangunan ekonomi banyak negara. Kerja bareng bestie, tetap profesional ya, Sis! Patut dicontoh nih, Ladies.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.