Sukses

Kier King Mendominasi Peringkat Sementara di Top 9 Dangdut Academy Asia 6 Grup 2

Menjadi satu satunya perwakilan, Erdem Kursayt berada di peringkat terbawah pada perolahan nilai sementara

Liputan6.com, Jakarta Dangdut Academy Asia 6 saat ini telah mencapai tahap Top 9 dalam pekan ini. Sebelumnya, negara Turkiye telah kehilangan salah satu dari dua akademisi yang tersisa, yaitu Asli, pada Konser Top 9 Result Show Grup 1 pada Rabu (9/9) yang lalu. Akibatnya, negara tersebut hanya memiliki satu akademisi yang tersisa untuk bersaing dalam kompetisi dangdut terbesar di Asia pada musim ini.

Tiga akademisi yang tergabung dalam Grup 2 adalah dr. Iqhbal LIDA (Indonesia), Erdem Kursat (Turkiye), dan Kier King (Filipina). Mereka kembali memberikan penampilan terbaik mereka dalam menyanyikan lagu dangdut bersama artis senior, Erie Suzan, pada Konser Top 9 D’Academy Asia 6 Grup 2 Concert Show yang berlangsung semalam.

Kier King (Filipina) membuka kompetisi dengan penampilan yang memukau bersama Erie Suzan, dan berhasil meraih standing ovation dari semua komentator. Lagu "Mabuk Duit" yang dibawakannya mengesankan Nassar. Nassar berpendapat bahwa Kier King selalu tampil dengan kesegaran yang baru dan berbeda sejak dimulainya D’Academy Asia 6.

"Sebagai seorang akademisi dari luar Indonesia, Kier King adalah salah satu akademisi yang menunjukkan semangat belajar yang luar biasa. Penampilannya dari babak ke babak terlihat memiliki perbaikan signifikan dalam interpretasi lagu dangdut," ungkap Soimah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Standing Ovation

dr. Iqhbal LIDA (Indonesia) juga mendapatkan standing ovation atas penampilannya bersama Erie Suzan, saat mereka menyanyikan lagu "Hingga Akhir Usia" dengan penuh penghayatan. DJ Duffy (Brunei Darussalam) bahkan mengakui bahwa dr. Iqhbal berhasil memberikan penampilan yang memukau dengan mampu berkolaborasi secara harmonis dengan Erie Suzan. Siti Rahmawati juga setuju bahwa dr. Iqhbal telah memberikan nuansa baru dalam lagu ini.

Namun, berbeda dari Kier King (Filipina) dan dr. Iqhbal LIDA (Indonesia), satu-satunya akademisi yang mewakili Turkiye, Erdem Kursat, hanya berhasil meraih lima standing ovation saat membawakan lagu "Jangan Buang Waktuku".

 

3 dari 4 halaman

Kritikan

Soimah mencoba memberikan kritikan konstruktif kepada duo akademisi asal Turkiye tersebut. "Menurut saya, penampilan kalian masih terlihat canggung. Meskipun saya tahu bahwa menyanyikan lagu dalam bahasa yang berbeda bukanlah hal mudah, saya berharap penampilan kalian selanjutnya bisa lebih lepas dan maksimal," ujar Soimah.

Selain penampilan akademisi dari ketiga negara, Konser Top 9 D’Academy Asia 6 Grup 2 Show juga menyajikan lagu terbaru dari Nassar, berjudul "Aib". Lagu ini pertama kali dibawakan di layar kaca, dan menceritakan tentang pengkhianatan atas kebaikan yang dilakukan.

 

4 dari 4 halaman

Konser Top 9

Para akademisi Grup 2 akan kembali tampil dalam Konser Top 9 D’Academy Asia 6 Result Show. Setelah tampil secara duet dengan Erie Suzan, ketiganya akan dinilai oleh dewan juri dari delapan negara peserta.

Total nilai sementara akan menjadi pedoman bagi ketiga akademisi ini untuk tampil pada Konser Top 9 D’Academy Asia 6 Result Show pada hari Jumat, 11 Agustus 2023. Pada tahap ini, Kier King (Filipina) mendominasi peringkat sementara dengan perolehan nilai 720, diikuti oleh dr. Iqhbal LIDA (Indonesia) dengan selisih lima poin dan nilai 715. Sementara itu, Erdem Kursat (Turkiye) menduduki posisi akhir dengan perolehan nilai 708. Saksikan Konser Top 9 D’Academy Asia 6 Result Show pada hari Jumat, 11 Agustus 2023 pukul 20.30 WIB, hanya di Indosiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.