Sukses

Mengenal Influencer Afni Z, Jiwa Sosial Tumbuh Sejak Kecil Saat Mengurus Rumah Singgah Bareng Ibunda

Warga Instagram mengenal Afni Z alias Afni Zulkifli sebagai influencer di bidang sosial sekaligus pendidikan yang memiliki lebih dari 56 ribu pengikut.

Liputan6.com, Jakarta Warga Instagram mengenal Afni Z alias Afni Zulkifli sebagai influencer di bidang sosial yang memiliki 56 ribuan pengikut. Sementara akun TikTok @afni.z punya 40 ribuan pengikut.

Berikut profil influencer Afni Z yang semasa kecil tumbuh di lingkungan sederhana, di kota Siak, Riau. Rumahnya berada di tepi sungai Siak. Ia mewarisi darah aktivis dari ayahnya, Zulkifli bin Zakaria, salah satu penggerak perjuangan di masa penguasaan Orde Baru.

Sementara jiwa sosial, didapat Afni Z dari ibunya, Erma binti Aziz. Meski hidup pas-pasan dan membesarkan 5 buah hati yang masih kecil-kecil, Erma membuka rumah singgah bagi anak-anak transmigrasi. Mayoritas suku Jawa, agar bisa bersekolah di Kota Siak.

“Rumah singgah ini menerima puluhan anak yang ingin melanjutkan sekolah ke satu-satunya SMA Negeri di Kecamatan Siak. Kala itu dekade 1990-an,” kata Afni Z dalam pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Jumat (4/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lomba Menulis Porseni

Anak-anak ini mendapat tempat tinggal gratis. Mereka berkumpul layaknya keluarga besar. Hingga kini, anak-anak angkat Zulkifli dan Erma, masih sering mengunjungi rumah kayu yang menjadi saksi mereka bertumbuh di Kota Siak. Afni Z pun tumbuh menjadi siswi berprestasi.

“Salah satunya pernah membawa pulang satu-satunya piala lomba menulis Porseni tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Siak. Saat itu Siak masih bergabung dengan Kabupaten Bengkalis,” kenang perempuan kelahiran Siak Sri Indrapura, 28 Juni 1985.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Meski Dalam Keterbatasan

Alur hidup membawa Afni Z merantau ke Jawa Timur, kuliah di Universitas Islam Malang. Meski aktif di berbagai kegiatan sosial, ia menjadi lulusan terbaik Sarjana Ilmu Administrasi Publik dalam tempo 3,5 tahun saja. Pencapaian ini tak membuatnya menepuk dada.

“Meski dalam keterbatasan biaya, saya tidak menyerah untuk menamatkan pendidikan S2 di Universitas Riau dan S3 di Universitas Pasundan Bandung,” ujar Afni Z yang menikah dengan Triono Dul Hakim. Ia kini jadi dosen, praktisi kebijakan publik, dan aktivis lingkungan.

 

4 dari 4 halaman

Medsos Plarform Berbagi Kebaikan

Merespons perkembangan teknologi, Afni Z memanfaatkan medsos untuk berbagi ilmu, hobi, informasi, dan dokumentasi kegiatan sehari-hari. Ia aktif di YouTube sejak 2009 dan bermain Instagram mulai tahun 2016.

Di Instagram misalnya, Afni Z berbagi konten dengan beragam topik menarik dari mengajarkan anak cinta lingkungan sejak dini hingga mengapa Taman Nasional Tesso Nilo mengalami kerusakan.

“Saya percaya medsos bisa menjadi platform berbagi kebaikan kepada sesama. Saya juga percaya menjadi ibu tak menghalangi perempuan untuk berkarya. Kuncinya ada di manajemen waktu dan komitmen sih,” ia mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini