Sukses

Melisa Djayanty, Dokter yang Jadi Influencer Kaya Prestasi Di Usia Muda

Profesi dokter yang saat ini diemban influencer Melisa Djayanty merupakan cita-citanya sewaktu kecil.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki profesi sebagai dokter memiliki tanggung jawab besar kepada masyarakat. Seperti dr. Melisa Djayanty, dokter PNS yang juga sedang merambah dunia bisnis dan telah masuk kategori influencer ini, sedang mendalami hukum tentang birokrasi regulasi di Indonesia dan UU kesehatan.

Bekalnya untuk menjadi dokter didapatkan dari keberhasilannya tamat kuliah dengan IP cumlaude 3,83 dan lulus one shoot dalam UKDI. dr. Melisa juga sedang studi S2 bidang magister hukum kesehatan.

Profesi dokter yang saat ini diembannya merupakan cita-cita Melisa Djayanty sewaktu kecil. Dengan usaha dan kerja keras, dokter yang juga dipanggil dokter Meo ini lolos dalam seleksi PNS di Pemko Batam.

Memiliki nama lengkap dr. Melisa Parida Djayanty Panjaitan, banyak yang memanggilnya dengan panggilan dokter Meo atau Melisa. Saat ini ia sedang berdomisili di Jawa Tengah, kota Semarang tepatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dokter Muda yang Berhasil Lolos Seleksi Dokter PNS

Usianya yang masih muda menjadi contoh bahwa niat yang kuat dan kerja keras mampu mewujudkan cita-cita. dr. Melisa yang lahir di Batam pada 17 Februari 1993 itu. Saat ini, ia sedang menempuh S2 magister hukum kesehatan.

Melisa memiliki seorang putra bernama Gwen Tatiana dan suami bernama Dr. Ukio Salferius Tamba, M.Biomed. Profesi sang suami juga seorang dokter dan saat ini sedang menempuh pendidikan spesialis bedah tingkat akhir. Tepatnya di Rumah Sakit Umum Pusat Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Uniknya, dalam satu keluarga seperti Ayah, Ibu hingga Adik Ipar memiliki profesi dalam pemerintahan. Awal mula profesi dokter PNS didapatkan saat Pemerintah Kota Batam membuka seleksi PNS di Pemko batam dan hanya tersedia kuota 1 orang menggunakan tes CBT online.

Namun sebelum menjalani profesinya sebagai PNS, dr. Melisa juga telah menjalankan bisnis produk kecantikan dan kesehatan yang bekerja sama dengan PT Produksi Kosmetik Kesehatan.

3 dari 5 halaman

Mendalami Hukum Birokrasi tentang Kesehatan

Dua tahun menjadi PNS membuatnya tertarik untuk mendalami hukum birokrasi tentang kesehatan terutama kedokteran. Keingintahuannya itu berlanjut dengan diambilnya sekolah magister hukum kesehatan di Semarang selama dua tahun.

Ketertarikannya terhadap hukum birokrasi adalah karena banyaknya polemik di Indonesia terutama kesehatan yang simpang siur.

Jika pada umumnya seorang dokter melanjutkan pendidikan spesialis maka tidak dengan dr. Melisa. Ada banyak hal yang ingin diketahui dengan pendidikan magister hukum kesehatan ini baik untuk masyarakat ataupun untuk tenaga medis.

Di sisi lain, perannya yang juga sebagai ibu rumah tangga menuntutnya untuk memahami kebutuhan wanita. Bagi dr. Melisa, seorang wanita harus sadar sedari dini bagaimana pendidikan yang dimilikinya serta bagaimana penampilan yang menarik. Semuanya tak lain untuk kenyamanan dalam melakukan banyak hal serta mampu berdaya guna untuk sekitar.

Namun segala cita-cita yang sedang diraihnya itu juga memiliki tantangan. Terutama dalam membagi waktu karena banyaknya peran yang dijalani. Bagi dr. Melisa, hal tersebut bisa teratasi secara baik dengan disiplin.

4 dari 5 halaman

Menjadi Inspirasi Wanita-wanita di Indonesia

Tantangan yang dirasakannya akan menjadi warna dalam cerita hidupnya yang kian menarik. Tempaan itu baik untuknya, untuk menjadi inspirasi wanita-wanita di Indonesia terutama untuk para ibu yang berstatus working mom.

dr. Melisa ingin membuktikan bahwa keluarga dan karier bisa berjalan berdampingan tanpa perlu memilih. Dua hal yang bisa dijalani dengan penuh tanggung jawab dan seimbang.

Meski akademik dr. Melisa tergolong baik, namun ia memilih untuk mengimbanginya dengan bermain musik pada saat kecil. Hobinya adalah bermain piano dan menjalankan latihan vokal. Menurutnya, musik sangat baik untuk mengimbangi akademik.

Belakangan, dr. Melisa juga tertarik melakukan olahraga sebagai sarana program diet dan berhasil menjadikan berat badan turun sebanyak 18 kilogram dalam waktu 2 bulan.

5 dari 5 halaman

Penghargaan dr. Melisa Sebagai Smart Woman

Karier Melisa Djayanty yang mapan diwarnai dengan beberapa penghargaan yang berhasil diraihnya. Beberapa diantaranya seperti:

Terpilih sebagai Smart Woman Tribunmedan.

Indonesian Woman Award 2020 di Bali.

Kartini masa Kini, Woman Medan.

Duta CHSE Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam.

Berbagai penghargaan tersebut menjadi lecutan semangat untuk mencapai target yang telah ditentukan. dr. Melisa ingin agar semakin banyak wanita yang sadar betapa pentingnya pendidikan atau skill untuk menunjang kinerja atau karir.

Hal tersebut akan berdampak baik untuk keluarga tanpa harus mengesampingkan peran sebagai istri atau ibu rumah tangga. Tidak perlu membatasi diri tetapi giat dalam mengembangkan diri agar berdampak lebih luas.

Sosoknya yang inspiratif bisa disapa melalui akun IG dr.melisadjayanty dan threads di @dr.melisadjayantyofficial.

dr. Melisa percaya bahwa dari perempuan yang bahagia dan cerdas akan lahir generasi-generasi emas nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini