Sukses

The New L-Men of The Year 2023 Buktikan Bahwa Keterbatasan Bukan Halangan untuk Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ajang pencarian health influencer, The New L-Men of The Year 2023, telah melahirkan sosok pemenang yang menjadi role model gaya hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Ajang pencarian health influencerThe New L-Men of The Year 2023, telah melahirkan sosok pemenang yang menjadi role model gaya hidup sehat. Nathanael Yoga, perwakilan Provinsi DKI Jakarta 1 berhasil keluar sebagai pemenang utama dalam malam Grand Final The New L-Men of The Year 2023 yang berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta pada Sabtu, 29 Juli 2023 lalu.

Nael mengungguli 15 Grand Finalists lainya dan siap melangkah bersama L-Men untuk menginspirasi lebih banyak masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sehat. Kemenangan Nael sekaligus menjadi salah satu bukti nyata bahwa keterbatasan bukan jadi halangan untuk berprestasi dan menginspirasi banyak orang.

Pernah didiagnosa Amblyopia atau kelainan mata di usia anak-anak dulu, mengubah Nael menjadi pribadi yang tekun. Hingga saat ini, kondisi indera penglihatan Nael belum sepenuhnya normal, namun di tengah keterbatasan tersebut, Nael justru terdorong untuk mendalami seni gambar dan musik piano sejak kecil. Saat ini, Nael berkuliah di program studi Desain Komunikasi Visual Binus University. Kemampuan ini juga ia kembangkan secara langsung dengan berpartisipasi sebagai Art Director di JualLimbah.id dan Graphic Designer di Occnite.

Dalam bidang seni musik, Nael yang mahir bermain piano aktif dalam pelayanan gereja, terpilih sebagai tim musik pertunjukan teater Pulau Elegi. Kini, konsistensi dan ketekunan Nael dalam menjalankan hidup sehat menjadikan dia sebagai Winner The New L-Men of The Year 2023.

Nael mengatakan keikutsertaan dirinya dalam ajang ini menjadi salah satu keputusan terbaik dalam hidupnya.

“Terima kasih kepada L-Men atas kepercayaan yang diberikan untuk saya bisa mengemban tanggung jawab yang luar biasa sebagai pemenang The New L-Men of The Year 2023. Saya harap, melalui platform ini saya dapat memperluas dampak positif untuk menginspirasi lebih banyak pria Indonesia agar hidup lebih sehat.

Menurutnya, kemenangan yang ia capai sekarang bukanlah akhir, namun justru menjadi langkah awal untuk membuktikan dirinya adalah role model yang tepat.

“Looking for silver linings can make things a little more memorable menjadi quotes yang cukup menggambarkan perjuangan saya, di mana sejak kecil saya tidak menjadikan kekurangan saya sebagai halangan, namun justru sebagai sebuah motivasi untuk berjuang, bertumbuh, dan membuktikan bahwa saya mampu,” ungkap Nael.

Yesaya Christian, Brand Manager L-Men menuturkan sudah lebih dari 20 tahun, L-Men telah hadir sebagai nutrisi efektif dan terpercaya untuk menginspirasi pria dan masyarakat Indonesia hidup sehat. Ia menegaskan, The New L-Men of The Year 2023 bukanlah ajang untuk mencari wajah paling menarik atau bentuk tubuh terbaik.

“Sebagai ajang pencarian sosok inspirator hidup sehat, tahun ini kami juga melakukan penilaian tambahan terhadap performa fisik dan tingkat kebugaran para Grand Finalists berdasarkan pengukuran saintifik. Pengujian yang dilakukan bermacam-macam, mulai dari pengecekan komposisi tubuh, kebugaran kardiovaskular, uji kekuatan dan daya tahan otot, fleksibilitas, kecepatan, kegesitan, koordinasi, hingga keseimbangan,” jelasnya.

Yesaya menambahkan, The New L-Men of The Year 2023 merupakan bukti bahwa setiap orang, apapun profesi dan latar belakangnya, sangat bisa dan mampu menjadi role model dalam menjalankan gaya hidup sehat.

“Hal ini terlihat dari ke-16 Grand Finalists dengan latar belakang yang sangat beragam, mulai dari mahasiswa, atlet, dokter, dosen, entrepreneurbankerengineer, hingga pilot, ” tambah Yesaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Top 3 The New L-Men of The Year 2023

Posisi 1st Runner Up berhasil diraih oleh Nathaniel Christopher asal Provinsi Banten. Pria yang akrab dipanggil Nath, merupakan seorang penyuka olahraga dan atlet basket yang sempat dinobatkan sebagai The Most Valuable Player JRBL Indonesia East Java 2018. Saat ini, mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya ini juga sedang aktif mengelola UMKM yang didirikannya, yaitu PictPost, di mana ia ingin membuat dampak untuk orang lain melalui karya-karya ilustrasi yang dibuatnya.

Sementara itu, Jeremy Gregory Samatara asal Provinsi Sulawesi Utara terpilih sebagai 2nd Runner Up. Pria yang biasa dipanggil Jeremy, merupakan seorang pilot lulusan Bali International Flight Academy tahun 2022 lalu. Sebelum menjalani pelatihan sebagai pilot, Jeremy telah berhasil menuntaskan studinya di jurusan Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan dengan predikat sangat memuaskan dan pernah terpilih sebagai Putra Tomohon 2014.

Komitmen ketiga figur ini dalam menjalankan dan menginspirasi hidup sehat, dilengkapi dengan kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang sangat baik, menjadikan mereka The New L-Men of The Year 2023.

Kategori Spesial The New L-Men of The Year 2023

Tahun 2023 ini, The New L-Men of The Year menghadirkan empat kategori special awards, yakni The Best Health Creator on TikTokThe Most PhotogenicThe Most Inspiring Movementdan yang terbaru adalah The Best Physical Performance.

The Best Health Creator on TikTok diraih oleh Faizal Riko perwakilan Provinsi Jawa Timur 2 atas kreativitas dan konten positifnya yang mampu menjangkau masyarakat untuk hidup sehat melalui platform teknologi digital TikTok. Sedangkan The Most Photogenic diraih oleh Mahendra Adelf dari Provinsi Kepulauan Riau karena ekspresivitas dan sikap tubuhnya yang mampu menghasilkan potret yang menarik.

Selanjutnya The Most Inspiring Movement menjadi bentuk apresiasi L-Men kepada Grand Finalist yang tidak hanya menginspirasi hidup sehat, namun juga memiliki advokasi dan gerakan sosial yang dinilai paling inspiratif dan berdampak. Penerima penghargaan dr. Aditya Rahmat Zulfikar perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang saat ini sedang berkuliah sebagai Mahasiswa Magister Manajemen Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Saat ini, ia aktif sebagai Koordinator Komunitas Sobat Diabet chapter Yogyakarta. Pengabdiannya di bidang kesehatan tidak hanya ditunjukkan dengan menjalankan profesinya sebagai seorang dokter, namun ia juga memiliki visi dalam mengedukasi hidup sehat untuk mengajak generasi muda lebih peduli dalam mencegah dan melawan diabetes sedini mungkin.

Pemenang The Best Physical Performance dicapai oleh Nathaniel Christopher asal Provinsi Banten, yang mampu meraih nilai akumulasi tertinggi dalam penilaian performa fisik dan tingkat kebugaran.

“Karena award ini baru pertama kali diadakan, kami tentu berharap rekor dari Nath bisa terpecahkan, semakin baik dari tahun ke tahun,” tutup Yesaya.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Audisi dan Proses Karantina

Rangkaian kegiatan pemilihan The New L-Men of The Year 2023 telah berlangsung sejak Januari 2023, mulai dari audisi di berbagai kota, Sharing Session L-Men Talks bersama para Semi Finalistspre-camp untuk para Grand Finalists yang terdiri atas rangkaian kelas pembekalan virtual dan pelaksanaan proyek edukasi, karantina #CollaBROrative Camp, hingga pelaksanaan Grand Final pada hari ini.

Ajang ini menghadirkan berbagai kelas virtual untuk menambah kapasitas para Grand Finalists sebagai inspirator hidup sehat, meliputi kelas storytelling, spokesperson trainingpersonal branding, kelas public speaking oleh Caldare Champ, kelas nutrisi oleh Nutrifood Research Center, dan kelas media sosial yang langsung dibawakan oleh Tik-Tok dan Shafiq Pontoh.

Dalam pelaksanaan proyek edukasi, ke-16 Grand Finalists dibagi menjadi empat tim, di mana setiap tim memiliki misi edukasi masing-masing. Green Squad (@magerbuster) dengan kampanye pentingnya aktif berolahraga dan semangat bergerak, Red Squad (@redukasi.id) dengan kampanye pentingnya konsumsi makanan sehat dan nutrisi seimbang, Blue Squad (@senyum_santuy) melalui kampanye pentingnya kesadaran akan kesehatan mental, serta Yellow Squad (@youthdozer) dengan kampanye peningkatan kapasitas generasi muda. Berbagai aktivitas mereka lakukan, mulai dari olahraga bersama, program mentoring hidup sehat, pengecekan kesehatan, edukasi nutrisi, demo masak, hingga aktivitas kunjungan museum.

Rangkaian karantina dilanjutkan dengan #CollaBROrative Camp, photoshoot oleh Wong Sim, dan videoshoot di Jakarta dan Sumbawa. Dalam kegiatan karantina #CollaBROrative Camp kali ini, para Grand Finalists ditantang untuk melakukan Physical Performance Test, yang berisi sembilan tantangan untuk mengukur performa fisik dan tingkat kebugaran mereka.

Malam Grand Final The New L-Men of The Year 2023 menghadirkan empat orang juri, yaitu Rikas Harsa (aktor, presenter, dan Winner L-Men of ther Year 2010), Dinda Crescheilla (Puteri Indonesia Pariwisata 2022), Nino Indrawan (Winner The New L-Men of the Year 2021), serta Yesaya Christian (Brand Manager L-Men).

Acara ini dipandu langsung oleh Indra Herlambang & Patricia Gouw sebagai host dan Okky Alparessi sebagai co-host, serta dimeriahkan penampilan dari Cinta Laura Kiehl dan Novia Bachmid.

Informasi lengkap mengenai ajang The New L-Men of The Year dapat dilihat tautan berikut ini, fanpage Facebook L-Men, serta akun Instagram, TikTok, dan Twitter @LMen.

4 dari 4 halaman

Ringkasan Daftar Pemenang

Winner - Nathanael Yoga (DKI Jakarta 1) @nathanaelyg

1st Runner-Up - Nathaniel Christopher (Banten) @nath7csj

2nd Runner-Up - Jeremy Gregory Samatara (Sulawesi Utara) @jeremysamatara

3rd Runner-Up – Samuel J. Olam (Jawa Barat) @samjolam

4th Runner-Up – Ferrero Sugiharto (Jawa Timur 1) @erosugiharto

5th Runner-Up - dr. Aditya Rahmat Zulfikar (Nusa Tenggara Barat) @ar.zulfikar

 

The Best Health Creator on TikTok – Faizal Riko (Jawa Timur 2)

The Most Photogenic – Mahendra Adelf (Kepulauan Riau)

The Most Inspiring Movement – dr. Aditya Rahmat Zulfikar (Nusa Tenggara Barat)

The Best Physical Performance - Nathaniel Christopher (Banten)

 

Daftar Grand Finalists & Username Instagram The New L-Men of The Year 2023

  1. Aceh - Dodi (@teukudodialfyt)
  2. Sumatera Utara - Dicky (@dickypardosi)
  3. Sumatera Selatan 1 - Hagay (@nhagaykainde)
  4. Sumatera Selatan 2 - Michael (@michaelpratomo_)
  5. Lampung - Naufal (@naufal_nri)
  6. Kepulauan Riau - Mahendra (@mahendr4)
  7. Banten - Nath (@nath7csj)
  8. DKI Jakarta - Nael (@nathanaelyg)
  9. DKI Jakarta 2 - Fadhli (@rahmadyanfadli)
  10. Jawa Barat - Samuel (@samjolam)
  11. Jawa Tengah - Brian (@briangree)
  12. DI Yogyakarta - Felix (@felixkriz)
  13. Jawa Timur - Eros (@erosugiharto)
  14. Jawa Timur 2 - Riko (@faizalriko)
  15. Sulawesi Utara - Jeremy (@jeremysamatara)
  16. Nusa Tenggara Barat - Adit (@ar.zulfikar)

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.