Sukses

Penyanyi Legendaris Tony Bennett Meninggal Dunia Usia 96 Tahun, Derita Penyakit Alzheimer di Pengujung Usia

Tidak disampaikan penyebab Tony Bennett meninggal dunia, namun dijelaskan bahwa ia sudah cukup lama menderita penyakit Alzheimer.

Liputan6.com, New York City - Kabar duka menghantam jagat musik, dengan kabar duka bahwa Tony Bennett meninggal dunia. Dilansir dari People, Jumat (21/7/2023), kabar duka ini  disampaikan oleh perwakilannya kepada pihak media.

Tidak disampaikan penyebab kematian mendiang, namun dijelaskan bahwa Tony Bennett sudah cukup lama menderita penyakit Alzheimer.

“Tony Bennett, yang lahir dengan nama Anthony Dominick Benedetto di Astoria, Queens pada 3 Agustus 1926, telah meninggal dunia di kampung halamannya di New York City pada usia 96 hari ini,” begitu pernyataan kabar duka Tony Bennett meninggal dunia.

Ditambahkan, ”Penyanyi yang begitu dicintai ini, didiagnosis menderita penyakit Alzheimer pada tahun 2016, ia meninggalkan seorang istri, Susan Benedetto, dua putranya, Danny dan Dae Bennett, putrinya Johanna Bennett dan Antonia Bennett serta 9 cucu."

Diagnosis mengenai kondisi Tony Bennett yang menderita penyakit Alzheimer memang telah muncul sejak 2016, tapi hal ini baru diungkap kepada publik tahun 2021.

Album kolaborasinya dengan Lady Gaga bertajuk Love for Sale yang dirilis pada tahun yang sama, menjadi album terakhirnya sebelum pensiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Tony Bennett Tahun 2021

Saat kabar bahwa Tony Bennett sakit Alzeimer dimuat dalam AARP The Magazine pada 2021, sang istri yang merawatnya mengatakan penyanyi “I Left My Heart in San Francisco” ini masih mengenal keluarga dan sahabatnya.

Namun, ia sudah mulai bingung dengan kondisi di sekelilingnya. Bahkan ia sudah sulit memahami benda sehari-hari seperti garpu dan kunci.

3 dari 4 halaman

Musik dan Tony Bennett

Ahli neurologi yang menanganinya kala itu, Gayatri Devi,mengatakan bahwa musik sangat membantu kondisi mendiang.

“(Musik) membuatnya tetap aktif dan menstimulasi otaknya dengan cara yang sangat signifikan,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Peraih 20 Piala Grammy Awards

Tony Bennett memiliki karier yang sangat panjang di dunia musik. Ia merilis lagu debutnya, “Because of You” pada 1951. Salah satu lagunya yang paling kondang,  “I Left My Heart in San Francisco,” diluncurkan pada 1962.

Sepanjang kariernya, ia meraih 20 piala Grammy Awards, termasuk Lifetime Achievement Award tahun 2001.

Ia juga sempat berkolaborasi dengan Diana Krall, Michael Bublé, Carrie Underwood, hingga mendiang Amy Winehouse, dan beberapa kali duet bersama Lady Gaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini