Sukses

Rumah Puisi Esai Segera Dibangun di Kota Kinabalu Malaysia

Pemerintah Sabah mendukung gagasan agar Kota Kinabalu memiliki pusat kegiatan puisi esai dunia

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan Festival Puisi Esai Antarbangsa ke-2 yang berlangsung di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, pada 16-17 Juni 2023 berjalan sukses dan menghasilkan beberapa kesimpulan.

Festival Puisi Esai Antarbangsa diharapkan mampu mendatangkan wisatawan asing bagi Kota Kinabalu, sehingga memberikan kontribusi terhadap kemajuan bagi negeri Sabah.

Karena itu, Pemerintah Sabah mendukung gagasan agar Kota Kinabalu memiliki pusat kegiatan puisi esai dunia yang diberi nama Rumah Puisi Esai.

Timbalan Ketua Menteri 1 merangkap Menteri Pertanian Perikanan dan Industri Makanan Sabah, Datuk Seri Panglima Dr. Jeffrey G Kitingan, mengatakan akan memasukkan Festival Puisi Esai Antarbangsa dalam kalender tahunan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlangsung Tiap Tahun

Pernyataan ini memastikan bahwa Festival Puisi Esai Antarbangsa akan berlangsung setiap tahun di Sabah. Menurut Jeffry, program Festival Puisi Esai Antarabangsa itu amat bermakna dan bersejarah karena baru pertama kali diselenggarakan di dunia.

“Malah tidak pernah digelar di negara kelahirannya sendiri, Indonesia,” kata Jeffry dalam keterangan tertulis, Minggu (25/6/2023).

 

3 dari 4 halaman

Ibu Kota Puisi Esai Dunia

Jeffry menyatakan dukungan gagasan pengadaan Rumah Puisi Esai di Kota Kinabalu. Rumah Puisi Esai ini menjadi penting karena Kota Kinabalu disebut-sebut akan menjadi Ibu Kota puisi esai dunia.

Menurutnya, Rumah Puisi Esai akan menjadi tempat pengembangan puisi esai di masa depan. Di sana, nantinya akan digelar pelatihan penulisan, penelitian, dan tempat pertunjukan sastra pada umumnya.

 

4 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih Kepada Denny JA

“Rumah Puisi Esai tersebut kelak akan menempati gedung besar di tengah kota yang sebelumnya dipakai untuk kantor sebuah institusi milik negara di Kinabalu,” ujarnya. Presiden Badan Bahasa dan Sastera Sabah (BAHASA), Datuk Jasni Matlani, menyatakan, Festival Puisi Esai Antarabangsa akan digelar setiap tahun di Kota Kinabalu.

Datuk Jasni juga mengucapkan terima kasih kepada Penggagas Puisi Esai, Denny JA, yang melahirkan cara bertutur baru dalam puisi. Presiden Komunitas Puisi Esai ASEAN ini juga mengajak semua pihak di Sabah memberikan perhatian dan bantuan kepada penyelenggaraan Festival Puisi Esai Antarbangsa di tahun-tahun mendatang.

“Insya Allah selagi masih bisa berusaha, ada tenaga dan kesehatan, kami akan terus melaksanakan program ini untuk anak-anak kita,” kata Datuk Jasni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini