Sukses

5 Anime Bernuansa Timur Tengah yang Pas untuk Ditonton Tiap Lebaran Idul Fitri, Ada yang Garapan Arab Saudi

Beberapa judul anime cukup related dengan momen Lebaran Idul Fitri karena kisahnya yang bertempat di Timur Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Anime hingga kini masih menjadi salah satu sajian hiburan yang digemari masyarakat dunia. Namun begitu, kebanyakan tema anime menyorot kehidupan karakter utamanya yang bertempat di Jepang atau dunia fiksi lainnya.

Namun begitu, dari sekian banyak anime dengan tema serupa, terdapat beberapa judul yang bertempat di Timur Tengah. Meskipun tak eksplisit menyebut agama Islam, namun atmosfer beberapa anime ini cukup kuat dalam mengangkat budaya Timur Tengah dan Arab.

Selain itu, deretan anime yang mengangkat tema Timur Tengah juga memiliki karakter unik dengan busana sopan dan sikap yang mencerminkan seorang muslim. Beberapa judul anime bertema Timur Tengah ini juga cukup dikenal luas secara global.

Alhasil, beberapa judul anime pun cukup related dengan momen Lebaran Idul Fitri. Bahkan, jika ingin mencari hiburan alternatif selama Lebaran Idul Fitri, judul-judul anime ini layak untuk dijadikan bahan tontonan selama liburan. Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anime Magi: The Labyrinth of Magic

 

Anime Magi: The Labyrinth of Magic menampilkan karakter yang terinspirasi dari kisah kepahlawanan "Seribu Satu Malam". Di dalamnya bahkan terdapat karakter utama yang bernama Ali Baba, Sindbad, dan Aladdin.

Anime ini juga banyak yang kisahnya bertempat di Timur Tengah dengan menyorot petualangan seorang anak laki-laki bernama Aladdin, yang memiliki jin di serulingnya.

Aladdin lalu bertemu dengan pedagang bernama Ali Baba yang bertualang ke ruang bawah tanah berbahaya untuk mendapatkan harta karun berkekuatan magis.

Seiring berjalannya waktu, mereka berdua bertemu dengan Sindbad untuk berperang melawan makhluk-makhluk kuat yang mengancam kedamaian serta membahayakan banyak orang.

 

3 dari 6 halaman

2. Anime The Journey

Anime The Journey barangkali menjadi yang paling mendekati nuansa Islami, Pasalnya, anime ini melibatkan 300 orang Arab Saudi yang belajar seni membuat animasi dengan berkunjung langsung ke Jepang.

Hasilnya, adalah sebuah film animasi pra-Islam yang memiliki hasilnya fantastis. Kolaborasi Arab Saudi dan Jepang ini merupakan kerja sama yang paling pertama dalam meluncurkan sebuah karya film anime.

Film anime yang sempat tertunda karena COVID-19 ini menyorot karakter bernama Aus yang terkenal selama "Tahun Gajah", ketika pasukan dari selatan menyerang kota suci Mekkah dengan tujuan menghancurkan Ka'bah, bangunan tersuci di wilayah itu.

 

4 dari 6 halaman

3. Anime Arslan Senki

Anime Arslan Senki mengadaptasi novel dan manga berjudul The Heroic Legend Of Arslan yang menyorot seorang putra mahkota bernama Arslan, kehilangan rumahnya di Pars setelah pihaknya melawan bangsa Lusitania.

Setelah ayah Arslan, Raja Andragoras III, menjadi korban dari tindakan pengkhianatan yang dilakukan oleh beberapa pengikutnya, Arslan pun melanjutkan petualangan mengumpulkan pasukan agar bisa melawan orang-orang Lusitan serta merebut kembali tahtanya dengan bantuan beberapa orang.

Anime Arslan berasal dari kisah kepahlawanan Persia populer yang memiliki alur cerita serupa, yakni seorang pangeran bernama sama yang bersiap untuk merebut kembali tahtanya setelah ia sadar dirinya merupakan bagian dari garis kerajaan. Suasana perang menjadi sorotan utama anime ini.

 

5 dari 6 halaman

4. Arabian Nights: Sinbad's Adventures

Anime Arabian Nights: Sinbad's Adventures barangkali paling sulit dicari untuk ditonton. Pasalnya, anime ini pertama kali memgudara pada 1975. Namun justru sempat menjadi tontonan anak-anak di Timur Tengah pada era 1980-an.

Terbilang lawas, anime ini juga terinspirasi dari kisah "Seribu Satu Malam", seperti halnya Magi. Namun tentu saja anime ini yang menjadi pendahulu Magi dengan konsep yang lebih lawas.

Kisahnya pun menyorot Sinbad kecil yang bertualang bersama pamannya namun berpisah karena kecelakaan kapal. Karakter pendukungnya pun bernama Aladdin dan Ali Baba.

 

6 dari 6 halaman

5. Time Quest

Ingat dengan anime yang sempat diputar di Indosiar pada era 1990-an tentang rombongan yang tersasar di berbagai tempat dan lini waktu gara-gara Teko Ajaib?

Ya, anime berjudul Time Travel Tondekeman atau yang dikenal dengan Time Quest itu juga menyorot salah satu karakter Timur Tengah bernama Pangeran Dandan.

Dikisahkan, Pangeran Dandan terjebak mengikuti petualangan dua remaja Jepang yang menemukan teko mesin waktu di kampung halamannya. Dua remaja itu kemudian dibawa si teko ke sebuah kerajaan Timur Tengah hingga melibatkan Pangeran Dandan.

Suasana Timur Tengah makin terasa lantaran anime dengan tema kocak dan absurd ini memiliki tokoh antagonis bernama Abdullah, sosok penculik Putri Shalala, calon istri Pangeran Dandan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini