Sukses

Ravi Keluar dari VIXX Setelah Dituntut 2 Tahun Penjara Kasus Menghindari Wajib Militer

Ravi menjalani sidang perdana dan mendengar tuntutan jaksa. Setelahnya, dia memutuskan keluar dari VIXX.

Liputan6.com, Jakarta Musikus Ravi dan Nafla telah menjalani sidang perdana di Divisi Kriminal 7 Pengadilan Distrik Selatan Seoul terkait kasus pelanggaran Undang-Undang Dinas Militer, Selasa (11/4/2023).

Dalam persidangan jaksa menuntut Ravi dengan hukuman 2 tahun penjara, sementara Nafla dituntut hukuman sedikit lebih lama, yaitu 2 tahun 6 bulan penjara.

Dalam tuntutannya, Ravi menerima nilai 3 dalam pemeriksaan fisik terkait wajib militer pada tahun 2012, ia lantas mengajukan penundaan wajib militer dengan alasan masuk universitas, memiliki asma, dan penyakit kulit.

Namun demikian, setelah 2021 saat dia berusia 28 tahun, wamil tak dapat lagi ditunda, sehingga Ravi berjanji kepada Administrasi Tenaga Kerja Militer Regional Seoul untuk menjalani wamil.

Dikutip dari situs Allkpop, mereka menghadapi tuduhan menghindari dinas militer dengan menerima diagnosis epilepsi palsu melalui kolusi dengan broker dan mengajukan diagnosis palsu itu ke Administrasi Tenaga Kerja Militer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ravi Menyerahkan Diagnosis Palsu

Dengan begitu, Ravi akhirnya menjalani wamil pada Oktober 2022 sebagai pekerja sosial, bukan sebagai tentara aktif.

Jaksa meyakini bahwa Ravi menandatangani kontrak senilai 50 juta won dengan broker dinas militer meskipun dia tidak memiliki masalah kesehatan, berpura-pura menderita epilepsi dan menerima keputusan dinas alternatif.

3 dari 4 halaman

Ravi Mengakui Perbuatannya dan Menyesal

Ravi sendiri tidak membantah semua dakwaan dan mengutarakan penyesalannya. Dia tahu perbuatannya adalah sebuah kesalahan yang merugikan dirinya sendiri.

"Saat menjalani persidangan hingga saat ini, saya sangat menyadari betapa besar kesalahan saya dan betapa banyak orang yang telah saya sakiti. Saya meminta maaf kepada pasien dan keluarga mereka. Saya tidak akan melupakan ini selama sisa hidupku," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Ravi Keluar dari VIXX

Di hari yang sama dengan persidangan perdana, Ravi pun memutuskan untuk hengkang dari VIXX. Hal ini disampaikan oleh pihak agensinya, Jellyfish Entertainment.

"Ravi memutuskan untuk keluar dari grup hari ini setelah serangkaian diskusi dengan perusahaan. Kami ingin meminta maaf kepada para penggemar yang mendukung VIXX," begitu kata agensi dikutip dari Koreaboo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini