Sukses

Caca Tengker Makin Hati-hati Beli Obat untuk Anak Akibat Kasus Sirup Cemaran, Rajin Browsing Info Valid

Sebagai ibu dua anak, Caca Tengker makin hati-hati kala membeli obat sirop untuk anak gara-gara kasus obat cemaran yang memantik gagal ginjal akut.

Liputan6.com, Jakarta Masih segar dalam ingatan Caca Tengker kasus obat sirup atau sirop cemaran Etilen Glikol atau Dietilen Glikol pada Agustus 2022 yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak.

Sebagai ibu, kasus obat sirup cemaran yang merenggut ratusan nyawa anak Indonesia jadi kegelisahan tersendiri bagi Caca Tengker. Mulanya dia bingung mencari informasi yang valid.

“Saya bingung mengenai kejelasan berita dan terutama saat mau membeli produk daya tahan tubuh yang rutin dikonsumsi karena tidak boleh dijual saat mendatangi apotek langganan,” katanya.

Memanfaatkan teknologi informasi, Caca Tengker mencari informasi dari sumber terpercaya terkait perkembangan kasus gagal ginjal akut pada anak dan bagaimana mencari obat sirup anak yang aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bersertifikat Fitofarmaka

“Biasanya saya memilih produk yang bersertifikat Fitofarmaka dan teruji klinis menjaga sistem imun. Saya merasa aman jika produk sudah punya sertifikat Fitofarmaka karena berarti teruji klinis pada manusia,” Caca Tengker berbagi kiat.

Selain itu, para ibu mesti membekali diri dengan referensi informasi valid. Pesohor dengan 2,3 jutaan pengikut di Instagram ini mengajak para ibu meluangkan waktu melakukan cek silang agar tak terpapar hoaks soal obat sirup untuk anak.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Browsing Situs Pemerintah

“Saya rajin browsing di situs-situs pemerintah terpercaya untuk mendapat update informasi terbaru sekaligus memastikan produk yang keluarga saya konsumsi dinyatakan aman,” adik kandung Nagita Slavina menyambung.

Ia mencontohkan, imunomodulator Stimuno yang telah bersertifikat Fitofarmaka serta teruji klinis pada manusia. Mengandung bahan herbal ekstrak meniran, ia aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

“Yang paling penting sudah dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh BPOM,” ungkap Caca Tengker lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Selasa (21/3/2023).

 

4 dari 4 halaman

Pertimbangan dan Evaluasi

Plt. Direktur Registrasi Obat BPOM, Tri Asti Isnariani menjelaskan, pihaknya memiliki sejumlah pertimbangan detail dan evaluasi cermat dalam mengeluarkan izin obat.

“Banyak dasar yang digunakan baik secara nasional maupun internasional. Apa yang dilakukan BPOM merupakan best practice yang dilakukan secara internasional,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Dexa Medica, V Hery Sutanto menyatakan, Stimuno telah dinyatakan aman oleh BPOM lewat surat nomor B-PW.02.04.4.43.12.22.991. Ia obat modern asli Indonesia yang telah teruji klinis sehingga bersertifikat Fitofarmaka.

“Stimuno satu-satunya imunomodulator herbal bersertifikat Fitofarmaka, terbuat dari meniran hijau, bekerja langsung di sistem imun dan telah tersertifikasi halal,” Hery Sutanto mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.