Sukses

Film Guillermo del Toro's Pinocchio Raih Oscar 2023 untuk Kategori Fitur Animasi, Jadi Penghargaan Pertama untuk Netflix

Film animasi Guillermo del Toro's Pinocchio berhasil meraih Oscar 2023 untuk kategori Film Terbaik, Sutradara, dan Fitur Animasi.

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Oscar 2023 kembali digelar di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (13/3/2023) waktu Indonesia. Dan film animasi yang berhasil meraih penghargaan adalah Guillermo del Toro's Pinocchio.

Dengan begitu, sang sutradara Guillermo del Toro, menjadi pembuat film animasi pertama memenangkan kategori Film Terbaik, Sutradara, dan Fitur Animasi untuk Oscar 2023.

"Animasi siap dibawa ke langkah selanjutnya. Pertahankan animasi dalam percakapan," ungkap Guillermo del Toro, dilansir Hollywoodreporter.com, Minggu (12/3/2023) waktu setempat.

Kemenangan ini juga merupakan Oscar pertama untuk Netflix dalam kategori Film Terbaik, sutradara, dan fitur animasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagi Guillermo del Toro Oscar 2023 Jadi Kemenangannya Lagi

Adaptasi stop-motion dari novel klasik Carlo Collodi membawa Guillermo del Toro kembali meraih Oscar. Sebelumnya, ia memenangkan Academy Awards untuk film terbaik, dan sutradara terbaik The Shape of Water pada 2017 lalu.

 

3 dari 4 halaman

Sutradara Guillermo del Toro's Pinocchio Bahagia Film Stop-motion Bisa Hidup

Selain Guillermo del Toro yang bangga, hal sama juga dirasakan sutradara Mark Gustafson, yang juga ikut menangani film ini. Dengan produser Alexander Bulkley.

"Senang mengetahui bahwa bentuk seni yang sangat kami cintai ini, stop-motion sangat hidup dan sehat," ujarnya, saat menerima penghargaan Oscar dan berterima kasih kepada ShadowMachine dan The Jim Henson Company.

Film Guillermo del Toro's Pinocchio merupakan film kedua yang memenangkan kategori Fitur Animasi. Pertama diraih oleh Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit pada 2005 .

 

4 dari 4 halaman

Pinocchio Dongeng Klasik si Boneka Kayu

Dalam film itu, Guillermo del Toro menata kembali kisah klasik Pinocchio yang merupakan boneka kayu bermimpi menjadi anak laki-laki sejati. Ia diasuh oleh pemahat terkenal bernama Geppetto.

Pinocchio merupakan film yang tayang di Netflix berlatar Italia, era fasisme selama periode antar perang dan perang dunia kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.