Sukses

Pusakata, Atir Speaker First dan Muria Mardika Meriahkan Timur Bersua Karya

Timur Bersua Karya merupakan sebuah gelaran yang digelar oleh komunitas kreatif di Kota Ternate

Liputan6.com, Jakarta Timur Bersua Karya merupakan sebuah gelaran yang digelar oleh komunitas kreatif di Kota Ternate Digagas oleh sekelompok anak muda yang sukses menyelenggarakan berbagai gelaran event di Fort Oranje Ternate secara berkelanjutan.

Sekilas tentang Fort Oranje, dahulunya kawasan ini tak ubahnya adalah sebuah barak militer dilengkapi fasilitas perkantoran, rumah sakit hingga pemukiman padat penduduk yang dihuni oleh prajurit TNI dan Polri setelah kemerdekaan hingga berlangsungnya projek revitalisasi dan penataan kawasan benteng Oranje.

Situasi yang cepat berubah dan kondisi yang terus berkembang selaras dengan kebijakan pemanfaatan benteng Oranje sebagai creative hub oleh pemerintah kota Ternate.

Realitas ini memberi ruang yang ideal bagi tumbuh kembang aktivitas komunitas di kota Ternate dalam berbagai ragam genre dengan berbagai gelaran kegiatannya masing-masing.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Benteng Oranje

Keseluruhan kegiatan tersebut seolah menjadi realitas sosial yang merepresentasikan benteng Oranje sebagai pusat aktivitas sosial, budaya, ekonomi dan pariwisata yang dapat disaksikan di setiap harinya.

Meskipun tanpa memiliki jadwal rutin yang digelar, semua kegiatan komunitas dan masyarakat luas dalam kawasan benteng Oranje tersebut terus terselenggara hampir setiap harinya terlebih pada waktu sore dan malam hari.

 

3 dari 4 halaman

Timsart Fest Season Keempat

"Salah satu komunitas yang sukses menyelenggarakan berbagai event yang dimaksud adalah Musik Corner dengan gelaran event bertajuk: Dari Timur Bersua Karya atau Timsart Fest season keempat atau dikenal Timsart Fest 4.0 yang sukses digelar di Benteng Oranje Ternate, Maluku Utara pada 22 sampai 24 Desember 2022 lalu," kata Firdana Mahdi Assagaf, Ketua Music Corner, beberapa waktu lalu.

Event ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah gerakan ekonomi kreatif yang menghadirkan berbagai kejutan di akhir tahun 2022 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Timsart Fest 5.0

"Dan kini, Timsart Fest 5.0 adalah sebuah event yang masih memiliki spirit yang sama dengan tahun lalu yaitu sebagai wujud kolaborasi yang mengangkat musisi, seniman, dan pelaku industri kreatif lokal untuk inovatif dan kreatif," Firdana menambahkan.

Menurut dia, gelaran event ini sebagai wujud pengabdian atas pergerakan komunitas di Maluku Utara, terutama di Kota Ternate dengan menampilkan sekitar 22 musisi lokal dengan karya orisinil, 3 komika lokal dan 2 artis nasional yaitu Pusakata, Atir Speaker First dan Muria Mardika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.