Sukses

Isa Alamsyah Suami Asma Nadia Beberkan Babak Baru Aplikasi KBM, Wadah Regenerasi Penulis Indonesia

KBM App yang dibangun Asma Nadia dan Isa Alamsyah kini punya member 1,2 jutaan. Dari yang sejutaan itu, 800 ribu di antaranya adalah penulis aktif.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat aplikasi KBM alias Komunitas Bisa Menulis yang mengehohkan ajang Indonesia International Book-fair (IIBF) 2022 di Jakarta Convention Center pada November 2022?

KBM App yang dibangun penulis naskah kondang Asma Nadia bersama Isa Alamsyah murni karya anak bangsa dengan populasi anggota mencapai 1,2 juta. Dari sejutaan itu, 800 ribu di antaranya penulis aktif.

Rekor penulis dengan penghasilan tertinggi di KBM App dipegang Dwi Indrawati dengan honor lebih dari 792 juta rupiah. Awal 2023, KBM App memasuki babak baru dengan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (22/2/2023), RUPS mengangkat Isa Alamsyah sebagai CEO baru. Isa Alamsyah pendiri grup KBM yang sering disebut grup sejuta umat di medsos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Novel dan Fiksi

Dalam paparannya, suami Asma Nadia itu menyampaikan misi visi KBM App, rencana 2023, dan tahun-tahun berikutnya. Ia ingin KBM App menjadi pusat referensi bacaan digital di Indonesia.

“Tak hanya menjadi tempat orang yang menyukai novel atau fiksi tapi juga nonfiksi. KBM ingin memperluas pasar. Bukan hanya buat kelompok tertentu, tapi meluas ke semua umur, jenis kelamin, profesi, dan minat,” katanya.

3 dari 4 halaman

Dua Karya

Selain itu KBM siap menghadirkan bacaan eksklusif yang tidak ditemukan di media lain. Tahun ini, KBM akan mempunyai lebih banyak sumber penghasilan baru. Deal film akan jadi sumber penghasilan baru.

“Dua karya KBM baru saja mendapat kontrak dan ada belasan karya lain dalam proses. Peluncuran KBM App versi IOS juga akan membuka market baru,” Isa Alamsyah menerangkan.

 

4 dari 4 halaman

Kilas Balik

Isa Alamsyah mengilas balik Komunitas Bisa Menulis berdiri pada Mei 2021 atau di tengah pandemi Covid-19. Sebagian pendiri tidak saling kenal, dan hanya bertemu via Zoom. Desember 2021, barulah para founder saling bertemu.

Penulis di KBM dilatih menjadi writerpreuneur atau pengusaha di bidang kepenulisan. Mereka bebas menemukan cara berpenghasilan di KBM App, menentukan penghasilan sendiri, berpromosi maupun berkarya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.