Sukses

Vina Panduwinata Takut Operasi Plastik, Pilih Tanam Benang dan Minum Obat Tradisional untuk Tampil Awet Muda

Vina Panduwinata bocorkan rahasia yang ia miliki untuk menjaga kecantikan dan penampilannya. Banyak hal yang ia lakukan, mulai dari rutin facial sampai mengonsumsi obat tradisional.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Vina Panduwinata? Legenda musik Indonesia yang lahir pada tanggal 6 Agustus 1959 di Bogor ini telah menggeluti bidang tarik suara sejak tahun 1980. Kariernya pun melejit tinggi dan membuat namanya terkenal  dan bahkan membuatnya dapat julukan Si Burung Camar, seperti judul lagu yang ia bawakan.

Meski akan berusia 64 tahun beberapa bulan lagi, Vina Panduwinata masih aktif tampil mengisi berbagai acara musik di Tanah Air. Tak lagi muda, tentu saja ia perlu mengeluarkan usaha lebih demi dapat menjaga penampilannya agar tetap cantik dan maksimal di depan audiens.

Baginya usia hanya angka, wanita yang kerap dipangil dengan sebutan Mama Ina ini masih selalu terlihat menawan setiap saat di berbagai kesempatan.

Penyanyi ini rupanya memiliki rahasia kecantikan yang menurutnya manjur untuk menjaganya tetap tampak awet muda.

Ditemui dalam sebuah konferensi pers Festival Musik Hari Jadi ke-266 Pura Mangkunegaran yang akan dimeriahkan olehnya, Vina Panduwinata bocorkan rahasia kecantikannya kepada para awak media (20/02/2023). Dari rutin facial hingga mengonsumsi obat tradisional, yuk kita intip tips miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ingin Operasi Plastik

Untuk menjaga wajah bahkan tubuh agar tetap cantik dan rupawan, berbagai selebritis luar dan dalam negeri rela melakukan operasi plastik. Namun, Mama Ina sendiri mengaku tidak berani untuk mengambil tindakan tersebut. "Semua orang punya hak mau operasi plastik, tapi kalau Mama Ina sendiri nggak berani", jelasnya.

Ia bercerita bahwa menurut konsultasinya dengan seorang dokter, ia diarahkan untuk tidak melakukan operasi yang dalam prosesnya terdapat tindakan penyobekan atau pemotongan.

"Kalau bisa nggak penting, jangan kamu sobek karena risikonya tinggi" pesan sang dokter kepada Vina Panduwinata. Ahli tersebut menjelaskan bahwa syaraf tubuh yang dipotong fungsinya hanya bisa dikembalikan sebesar 50 persen. Menanggapi saran sang dokter, Mama Ina pun akhirnya memilih operasi wajah skala sederhana, seperti menanam benang pada beberapa bagian wajah.

Menurut penjelasannya, ketika wajah ditanami benda asing seperti benang maka sel-sel tubuh akan bereaksi untuk melakukan perbaikan. "Kalau tanam benang, kolagen akan lebih aktif. Itu yang Mama Ina kejar", tuturnya.

3 dari 4 halaman

Rajin Facial dan Minum Obat Tradisional

Selain melakukan penanaman benang pada beberapa bagian wajah, Vina Panduwinata juga rajin merawat tubuhnya secara luar dalam. Salah satu perawatan wajah yang rutin dilakukan oleh Mama Ina adalah facial. Perawatan dengan tujuan untuk memperbaiki penampilan kulit dan membantu tubuh agar lebih rileks ini dinilai baik untuk sering dilakukan demi kesehatan kulit wajah.

Skincare atau produk-produk perawatan wajah juga sangat penting bagi Vina Panduwinata untuk rutin diaplikasikan, tetapi harus cari yang cocok dengan tipe kulit. "Skincare itu semuanya bagus, asal cocok sama kulit kita", ujar Mama Ina.

Ibunda dari Joedo Harvianto Kartiko ini mengiyakan bahwa dirinya menghabiskan biaya yang tak sedikit demi kesehatan dan kecantikannya terjaga. Tak hanya memperelok kulitnya, Mama Ina juga merasa penting sekali menjaga atau merawat tubuh dari dalam. Salah satu cara yang ia lakukan adalah meminum obat tradisional pencegah kanker.

"Kalau cancer aja bisa diperbaiki sama obat tradisional ini, apalagi sel-sel tubuh kita", ucap Vina. Ia yakin tubuhnya akan lebih sehat dengan rutin mengonsumsi obat tersebut.

4 dari 4 halaman

Tampil Enerjik Setiap Saat

Hal lain yang menarik dari Vina Panduwinata adalah meski telah berumur, ia selalu sukses tampil energik di setiap pertunjukkannya. Banyak pula netizen yang penasaran tips Mama Ina di balik performanya yang selalu optimal.

Ia pun menjelaskan bahwa rahasianya sangat sederhana, yaitu harus happy. Selain itu, ia mengaku dapat tampil dengan maksimal karena pengaruh dari energi positif para penontonnya. Dengan hal tersebut, ia juga otomatis akan mentransfer energi yang baik selama penampilannya.

Wah, ternyata itu ya rahasia Mama Ina agar selalu tampil cantik, optimal, dan awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.