Sukses

Suga BTS Gelar Konser di ICE BSD Indonesia sebagai Agust D, Ada Sejarah dan Misi di Balik Nama Panggung Ini

Agust D adalah nama yang digunakan Suga BTS dalam sejumlah proyek solo.

Liputan6.com, Jakarta Suga BTS memberi kejutan untuk penggemar di berbagai belahan dunia—termasuk Indonesia. Ia akan menggelar tur konser di sejumlah negara, sebagai Agust D. Di Indonesia, ia akan tampil di ICE BSD Tangerang, pada 26-28 Mei 2023 mendatang.  

Agust D sendiri adalah nama yang ia gunakan dalam sejumlah proyek solo—termasuk di akun Instagram pribadinya yang terverifikasi. Nama ini digunakan pertama kali saat ia merilis mixtape solonya pada 2016 silam. Dilansir dari Soompi, pada saat itu mixtape ini berisi 10 lagu, dan salah satunya bertajuk “Agust D”.

Liriknya terbilang berani, apalagi saat itu ia lebih dikenal sebagai member boy group. Salah satu petikan liriknya bermakna “Kategori K-Pop ini ukurannya tak cukup untukku.”

Dalam wawancara dengan Grazia kala itu, Suga sempat berbicara mengenai asal-usul nama Agust D.'

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suga Si Anak Daegu

“Aku membuat ‘DT Suga’ yang sebelumnya kugunakan di lirik secara terbalik. DT diartikan sebagai D Town (Kota D), mengacu pada kampung halamanku,” kata Suga. Sekadar informasi, Suga lahir di Daegu dan sempat tergabung dalam kelompok hip-hop D-Town.

“Aku suka artinya, dan namanya terdengar keren saat aku mengucapkannya, jadi kurasa aku akan terus menggunakan nama ini saat berkarya secara eksternal. Aku juga senang karena mixtape ini rilis pada bulan Agustus,” ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Ekspresi Diri Suga

Dalam wawancara dengan Marie Claire pada tahun yang sama, Suga juga berbicara mengenai misi yang ia bawa lewat persona Agust D. “Aku ingin mengungkap secara jujur mengenai masa mudaku,” kata dia.

Ia juga memilih media mixtape, bukannya album rekaman konvensional, karena tak mau terkekang—baik dalam hal lirik maupun genre. “Aku ingin bisa mengekspresikan diriku secara transparan, dengan tujuan untuk melakukan semua yang ingin kulakukan,” kata dia.

Dalam wawancara Grazia, Suga mengungkapkan sebuah mimpi yang ingin diraihnya.

“Media mengejar isu dan menetapkan standar kecantikan yang bergantung kepada seberapa kurus seseorang. Namun, ada orang di belahan dunia lain yang kelaparan dan sekarat karena tidak memiliki makanan. Harus ada perhatian lebih ke arah itu. Jika saya menjadi orang yang berpengaruh, bukankah saya bisa mengalihkan perhatian orang ke arah itu?” kata dia.

4 dari 4 halaman

Lirik Berani

Karena mimpi ini, Suga dengan berani menyelipkan lirik kritis dalam karya solonya.

 “Lirik berani yang bakal bikin orang ‘Hah? Dia melakukan ini?’ atau ‘Apakah ini enggak apa-apa, dia bikin lirik seperti ini?’ Intinya, aku merasa lega karena telah bisa menceritakan kisahku,” kata Suga.

Ingin menjadi bagian langsung dari lirik-lirik Suga yang berani? Tunggu saja konsernya di Indonesia Mei mendatang!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.