Sukses

Zaleha Ibnu Sutowo di Mata Titiek Puspa

Wafatnya Zaleha Ibnu Sutowo, yang merupakan nenek mertua artis Dian Sastrowardoyo, mendapat perhatian berbagai kalangan. Artis senior Titiek Puspa mengaku punya kenangan khusus dengan almarhumah.

Wafatnya Zaleha Ibnu Sutowo, yang merupakan nenek mertua artis Dian Sastrowardoyo, mendapat perhatian berbagai kalangan. Nenek Indraguna Sutowo, suami Dian Sastro, itu mengembuskan napas terakhir dalam usia 88 tahun pada Selasa (19/2/2013) sekitar pukul 15.00 WIB. Zaleha merupakan istri mendiang Ibnu Sutowo, mantan direktur utama sekaligus pendiri Pertamina.

Oma mertua Dian Sastro yang meninggalkan delapan anak dan 24 cucu itu wafat lantaran usia yang lanjut. Jenazah almarhumah Zaleha sempat disemayamkan di rumah duka di Jalan Tanjung, Menteng, Jakarta Pusat [baca: Zaleha Ibnu Sutowo Wafat, Dian Sastro Berduka].

Beberapa tokoh dan artis pun melayat rumah duka. Di antaranya mantan Presiden B.J. Habibie, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan artis senior Titiek Puspa yang turut menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhumah.

"Kami ini sudah kenal sejak zaman tahun 60-an, 70-an. Jadi sudah bersahabat...sama ibu dan bapak (Ibnu Sutowo dan Zaleha)," ujar Titiek Puspa. Menurut penyanyi senior tersebut, ia kerap diundang bernyanyi saat keduanya menggelar perayaan ulang tahun.

Adapun siang ini jenazah nenek yang meninggalkan delapan anak dan 24 cucu ini akan dikuburkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, bersebelahan dengan makam mendiang suaminya, Letnan Jenderal (Purn) Ibnu Sutowo.

Ibnu Sutowo menikah dengan Zaleha binti H. Safei pada 12 September 1943. Zaleha punya peran besar di balik sukses bisnis sang suami. Ibnu adalah mantan tokoh militer Indonesia yang turut mengembangkan Permina, perusahaan minyak negara sebelum berubah nama menjadi Pertamina.

Ibnu juga pernah menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di penghujung rezim Soekarno. Ia kemudian meninggal di Jakarta pada 12 Januari 2001 dalam usia 86 tahun.(HaloSelebriti/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini