Sukses

Jenazah Nenek Raffi Ahmad Dimakamkan di Bandung, Dekat Pusara Sang Kakek

Nenek Raffi Ahmad, Mamih Popon meninggal dunia di usianya yang ke-88, meninggalkan anak-anaknya termasuk Amy Qanita, ibunda Raffi.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Raffi Ahmad berduka di saat masyarakat seluruh belahan dunia merayakan malam pergantian tahun. Pasalnya, nenek Raffi, Hanifah atau yang akrab disapa Mami Popon atau 'Mamih Popon', meninggal dunia pada Sabtu (31/12/2022) pukul 16.01 WIB.

Mamih Popon meninggal dunia di usianya yang ke-88. Nenek Raffi Ahmad itu pergi meninggalkan 5 orang anak. Salah satunya adalah Amy Qanita, ibunda Raffi.

Amy Qanita mengatakan, peritiwa duka ini membuat malam pergantian tahun 2022 terasa sangat berbeda. Tapi setidaknya, ia mengaku bisa mengenang momen ini di malam pergantian tahun-tahun berikutnya.

"Akhir tahun 2022, akhir tahun yang sangat berbeda. Ya sudah qadarullah di pengujung tahun seperti ini. Mungkin akan teringat di tahun ke depannya, ibu saya meninggalkan kita semua," ujar Amy Qanita di rumah duka, Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Pemakaman Nenek Raffi

Setelah sempat disemayankan di rumah duka, jenazah Mamih Popon diberangkatkan ke Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, 1 Januari 2023. Jenazah Mamih Popon dimakamkan di Pemakaman Dalem Kaum, dekat pusara suaminya.

Amy Qanita mengatakan bahwa itu merupakan keinginan yang sempat disampaikan mendiang semasa hidup. Alamarhumah dikebumikan di Pemakaman Dalem Kaum, Bandung, Jawa Barat.

"Rencananya besok subuh kita berangkat ke Bandung, dimakamkan di makam Dalem Kaum, di dekat ayah saya. Makamnya juga sudah dipersiapkan. Jadi besok tinggal dimakamkan," ungkap Amy.

 

3 dari 4 halaman

Sedih Namun Bersyukur

Amy tak dapat menyembunyikan kesedihannya, karena ditinggal orang tercinta. Namun di balik kesedihan itu, ia juga bersyukur mengingat ibunya kini tak lagi merasakan sakit, akibat penyakit yang diderita almarhumah semasa hidup.

"Kita semua sudah ikhlas, lah. Umurnya juga sudah 88 tahun. Sedih sih sedih, ya. Siapa sih yang enggak sedih pas momen melepasnya. Tapi alhamdulillah semuanya berkumpul pas melepas kepergiannya," katanya.

4 dari 4 halaman

Pesan Terakhir

Amy menambahkan bahwa almarhumah sempat menitipkan pesan untuk anak-anaknya sebelum ajal menjemput.

"Pesannya, anak-anaknya harus tetap akur, enggak boleh berselisih," ucap Amy Qanita. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.