Sukses

Iwan Fals Tegaskan Tak Akan Pensiun Bermusik Setelah Puluhan Tahun Berkarya: Di Kamar Mandi aja Kita Nyanyi

Sebanyak 16 lagu hits telah Iwan Fals suguhkan kepada penggemar setia yang menamakan diri mereka Oi di Panggung KITA, Leuwinanggung, Depok, Sabtu (24/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta Iwan Fals sukses menggelar konser "Bertalu Rindu Aku Menyayangimu", yang digelar di Panggung KITA, Leuwinanggung, Depok, Sabtu (24/12/2022). Konser ini merupakan lanjutan dari konser-konser Iwan Fals sebelumnya setelah pandemi.

Sebanyak 16 lagu hits telah Iwan Fals suguhkan kepada penggemar setia yang menamakan diri mereka Oi. Mulai dari lagu "Aku Menyayangimu", "Pinggiran Kota Besar", "Bunga Trotoar", "Badut", "Hio", "Damai Kami Sepanjang Hari", hingga "Ya Allah Kami", menjadi repertoar yang membuat penonton hanyut dalam alunan melodi yang dimainkan.

"Tadinya bikin 4 konsep, ternyata dapatnya sampai sekarang di tanggal 24 ini tiga. Yang pertama 'Cinta', 'Ikrar', kemudian 'Aku Menyayangimu," jelas Mbak Yos, istri Iwan Fals kepada wartawan, Sabtu (24/12/2022).

"Ini sih walaupun dari lagunya bang Iwan tapi sangat personal saya pilihnya karena berhubungan banget sama cinta, nanti akan ada ikrar, dan 'aku menyayangimu seumur hidupku'," sambungnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bercanda Ingin Pensiun

Menariknya, Iwan Fals sempat berucap ingin pensiun bermusik saat konser berlangsung. Disinggung mengenai pernyataannya tersebut, Iwan mengaku hanya bergurau. Hal itu ia ucapkan lantaran para penonton yang ikut bernyanyi memiliki suara merdu.

"Saya lihat penonton tadi suaranya bagus banget, kompak, enggak berhenti. Saya kan konser banyak ya, itu kualitas bernyanyinya makin bagus, tahu kapan harus masuk. Kalau dulu masih berantakan. Kan kesal tuh, sudah latihan capek-capek, nyelonong begitu saja. Perkembangan terakhir, makin bagus, saya ikut senang. Suara saya kadang meleyot, malah jadi bagus (gara-gara) penonton. Kayaknya gue mesti pensiun deh. Maksudnya tadi (di konser) bercanda," aku Iwan Fals.

 

3 dari 4 halaman

Tak Ada Musikus Pensiun

Puluhan tahun berkarya, Iwan Fals berharap tetap bisa terus bermusik. Ia menilai, tidak ada kata pensiun bagi seorang musisi, meski belakangan banyak talenta-talenta baru yang bermunculan.

"Tapi kan enggak ada musik pensiun. Banyak penyanyi bagus, ya mungkin mereka terinspirasi dari saya. Saya enggak minder, bangga saya lihat penonton begitu. Kalau soal pensiun, enggaklah mudah-mudahan. Kayaknya enggak, gimana ada rumusan musisi pensiun? Di kamar mandi saja kita nyanyi," jelas pemilik nama asli Virgiawan Liestanto itu.

 

4 dari 4 halaman

Tak Sekuat Dahulu

Iwan Fals menyadari usianya kini tak lagi seenergik dulu. Ada kalanya kondisi kesehatan memaksa dirinya menunda gelaran musik yang sudah dijadwalkan. Namun, bukan berarti dirinya akan pensiun dari bidang yang sudah membesarkan namanya itu.

"Semisal manggung ada jadwal di mana, fisiknya lemah, sakit, ya mengecewakan orang. Vertigo ya masa dipaksakan? Tapi kalau konteksnya pensiun, enggak. Saya bercanda," pungkas Iwan Fals. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.