Sukses

Penembak Asisten Lady Gaga Dihukum 21 Tahun Penjara Meskipun Korban Sudah Memaafkan

Pelaku bernama James Howard Jackson yang menembak asisten Lady Gaga, Ryan Fischer, akhirnya harus menerima hukuman 21 tahun penjara.

Liputan6.com, Jakarta Kasus penembakan yang menimpa Ryan Fischer, asisten Lady Gaga yang menjadi korban saat membawa anjing peliharaan sang penyanyi. akhirnya berbuah terang. Pelaku yang bernama James Howard Jackson akhirnya harus menerima hukuman 21 tahun penjara.

Melansir ET Online, belum lama ini, berdasarkan sejumlah laporan, putusan tersebut tak membuat James Howard Jackson beserta orang-orang yang terlibat dalam kasus penembakan itu, mengajukan keberatan. Hukuman penjara tetap dijalani oleh mereka.

Putusan tersebut merupakan buntut dari aksi tak beradab James Howard Jackson (20) bersama dua orang lainnya saat berburu anjing bulldog Prancis dan sejumlah anjing jenis lain di West Hollywood, Hollywood dan San Fernando Valley, AS, pada malam hari di bulan Februari 2021.

Ketiga pelaku bermaksud mencuri anjing-anjing jenis tersebut untuk dijual dengan harga tinggi. Malang bagi Ryan Fischer yang sedang ditugaskan Lady Gaga untuk mengajak tiga ekor anjing milik sang penyanyi fenomenal jalan-jalan di sekitar area tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kejadian Penembakan

Begitu James melihat Ryan Fischer berada di lokasi sasaran bersama ketiga hewan peliharaan tersebut, ia langsung menculik tanpa tahu bahwa ketiga ekor anjing incarannya itu merupakan milik Lady Gaga.

Setelah membawa kabur dua ekor bulldog Prancis milik Lady Gaga, James langsung menembak Ryan Fischer di bagian dada. Beruntung, Ryan selamat dan ia dirawat di ruang ICU salah satu rumah sakit hingga keluar pada akhir Maret 2021.

Namun begitu, Ryan Fischer harus menjalani operasi krusial untuk memperbaiki paru-parunya yang kondisinya sudah sangat parah usai aksi mengerikan James itu.

 

3 dari 5 halaman

Memaafkan Pelaku

Ryan Fischer rupanya tak menyimpan dendam kepada pelaku dan ia mengaku memaafkan James. Ryan mengatakan bahwa hidup keduanya berubah setelah kejadian itu. Ryan menyiratkan ada perubahan positif dalam hidupnya pascapenembakan, sementara James harus menerima konsekuensinya.

"Kau menembakku dan membiarkanku sekarat, dan hidup kita berdua telah berubah selamanya," kata Ryan Fischer saat berbicara di salah satu agenda persidangan.

"Aku memaafkanmu. Melalui serangan itu, kau benar-benar mengubah hidupku. Aku tahu aku tak bisa melupakan seutuhnya malam saat kau menembakku hingga aku mengucapkan kata-kata itu kepadamu," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Sempat Curhat di Medsos

Usai menyampaikan kalimat tersebut di persidangan, Ryan Fischer sempat menyampaikan curahan hatinya secara singkat di media sosial. Ungkapannya ini sempat menjadi sorotan publik dunia.

"Hari ini adalah hari yang emosional, dan perjalanan yang panjang untuk tiba di sini. Saya akan berkomentar lebih banyak dalam beberapa hari mendatang, tetapi inilah pernyataan atas dampak yang saya berikan di pengadilan kepada pria yang menembak saya," tulis Fischer dalam unggahannya di media sosial.

 

5 dari 5 halaman

Sempat Bebas

James Howard Jackson merupakan satu dari lima tersangka kasus penembakan sekaligus pencurian anjing yang ditangkap dua bulan kemudian setelah penembakan, tepatnya pada April 2021.

Jaksa Wilayah LA County, George Gascon menyebut aksi James sebagai kejahatan jalanan. Namun, kesalahan administrasi pihak berwenang, membuat James sempat dibebaskan.

Setelah kekeliruan itu, James kembali ditangkap pada Agustus 2021, sementara dua anjing peliharaan Lady Gaga dikembalikan lleh Jennifer McBride setelah sang penyanyi membuat sayembara senilai US$500 ribu bagi siapapun yang bisa mengembalikan anjingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.