Sukses

Presiden Jokowi Ungkap Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep Sudah 99 Persen, Tertawa Sebut Putra Bungsunya Dipingit

Liputan6.com, Jakarta Kaesang Pangarep menjalani pingitan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono. Hanya saja, pingitan tersebut tidak dijalani seperti makna sebenarnya.

Sebagai ayah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi paham betul bagaimana sosok putranya yang tak pernah mengenal kata lelah dalam bekerja.

"Dipingit di Jakarta. Di kantornya, di Jakarta," ungkap Presiden Joko Widodo lalu tertawa, seperti dikutip dari Kanal Youtube ILOVESOLO TV, Senin (5/12/2022).

"Ya disuruh berhenti, enggak berhenti. Kerja terus, mau gimana. Minggu-minggu, tadi saya telepon masih kerja juga," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wanita Jawa yang Baik

Jokowi juga mengungkap sosok Erina Gundono yang dalam hitungan hari akan menjadi menantunya. Di mata orang nomor satu negeri ini, Erina adalah sosok yang baik.

"Wanita Jawa yang baiklah," ucap Jokowi singkat.

Jokowi melanjutkan, sejauh ini persiapan pernikahan sudah dilakukan dengan baik dan sudah hampir rampung.

 

3 dari 5 halaman

Tanggal Pernikahan

Hal itu ia ungkapkan usai menghadiri rapat terakhir pernikahan Kaesang dengan Erina, di Ndalem Wuryoningratan, The House of Danar Hadi Solo, Ahad, 4 Desember 2022.

"Nanti insyaAllah akan dilaksanakan, insyaAllah akad nikahnya hari sabtu tanggal 10 Desember di Yogyakarta. Kemudian untuk tasyakuran diadakan di Solo tanggal 11, dari pagi sampai malam. Untuk persiapannya tadi sudah 99 persen, alhamdulillah sudah dipersiapkan dengan baik," ungkapnya.

 

4 dari 5 halaman

Alasan Tak Gunakan Gedung Sendiri

Pada kesempatan sama, Jokowi menjelaskan alasan Pendopo Puro Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, dipilih sebagai lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Padahal, ia diketahui memiliki gedung Graha Saba Buana Solo, yang sempat digunakan untuk pernikahan Gibran serta Kahiyang.

"Ya gedungnya terpakai. Sebetulnya kita kan punya gedung sendiri yang dulu Mas Gibran dan Mbak Ayang juga di situ. Tapi sudah di-booking masyarakat yang lain. Ya kita kan enggak bisa mentang-mentang gedung sendiri langsung disuruh pindah. Alasannya sebenarnya hanya itu," jelasnya.

 

5 dari 5 halaman

Kehadiran Luhut Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Pandjaitan, diketahui sempat mengunjungi rumah mempelai wania. Kedatangannya guna memastikan, apakah persiapan pernikahan yang akan digelar 9 Desember 2022 sudah matang dan sesuai rencana.

"(Pak) Luhut sebagai penasihat tentu memonitor. Kalau stafnya sudah berjalan dengan baik kerjanya ya sudah alhamdulillah baik," kata Muhaimin, selaku perwakilan keluarga Erina Gundono. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS