Sukses

FFWI Mendukung Keragaman Festival Film di Indonesia Demi Kemajuan Bangsa

Panitia FFWI XII Tahun 2022, secara resmi dibubarkan Kamis (24/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2022 dalam rapat terakhirnya, Kamis (24/11/2022) malam, menegaskan, mendukung penuh keragaman festival film yang belakangan banyak tumbuh di Indonesia.

"Semakin banyak festival, sesungguhnya bakal semakin baik,” ungkap Ketua FFWI 2022, Wina Armada Sukardi, dalam rapat terakhir Panitia FFWI sekaligus menandai pembubaran panitia di Jakarta.

Panitia FFWI XII Tahun 2022, secara resmi dibubarkan Kamis (24/11/2022). Sesuai dengan masa kerjanya, panitia FFWI terbentuk sejak Maret dan bekerja hingga November 2022.

Menurut Wina, tentu dengan banyaknya festival film harus disertai  dengan persyaratan, yakni tiap festival  wajib memiliki ciri yang berbeda antara satu dengan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ciri Khas Masing-Masing

Dengan beragamnya festival film yang memiliki kekhasan masing-masing, tambah Wina, bagus untuk ekosistem perfilman Indonesia. 

"Dengan demikian lebih banyak batu uji dan sudut pandang, sehingga membantu pemahaman terhadap perfilman Indonesia dan karya-karya film Indonesia," tegasnya.

Dalam kaitan ini, Wina mengungkapkan, FFWI juga mendukung pembiayaan dana dari negara terhadap berbagai festival film yang ada.

”Ini bagian dari strategi pemajuan kebudayaan bangsa,” kata Wina.

Kendati begitu, Wina mengingatkan, tidak semua festival patut dibantu pendanaannya dari negara. Festival-festival film asing dan festival eksklusif yang tidak melibatkan masyarakat luas, tidak perlu diberikan pendanaan dari negara.

3 dari 5 halaman

Piala Gunungan

Dalam acara itu, diserahkan pula Piala Gunungan kepada para pemenang yang tidak sempat hadir dalam acara Puncak Malam Anugerah FFWI 2022, Oktober silam di Pusat Perfilman Usmar Ismail.

Ke depan, FFWI akan melakukan serangkaian perubahan besar-besaran, baik terhadap bentuk acara, sistem penjurian maupun struktur kepanitiaannya.

”Rencananya akan lebih banyak wartawan perempuan dilibatkan sebagai penyelenggara FFWI,” ungkap Wina.

 

4 dari 5 halaman

Susunan Panitia

Susunan Panitia FFWI XIII Tahun 2023 akan diumumkan pertengahan Desember 2022 atau awal Januari 2023.

Sedangkan dalam sistem penjurian, para wartawan senior dari film dan kebudayaan akan diminta pula untuk menjadi juri.

“Selebihnya, tunggu waktunya,” ujar Wina. 

 

5 dari 5 halaman

Film Best of the Best

Berbeda dengan penyelenggaraan festival film lain, pada FFWI film dinilai berdasarkan genre. Lantas setiap pemenang genre, diadu lagi untuk memperoleh Piala Gunungan khusus film Best of The Best atau yang Terbaik dari yang Terbaik. 

Tahun 2022 piala Best of The Best  dimenangkan oleh  film "Ngeri-Ngeri Sedap.”  Sedangkan  dua piala Live Time Achievement Award diberikan kepada Deddy Mizwar dari kalangan perfilman  dan  Wina Armada Sukardi dari unsur sebagai wartawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.