Sukses

Koltim Fun Fest 2022 Digelar, Dorong Wisata dan Perekonomian Warga Usai Pandemi

Koltim Fun Fest 2022 juga menghadirkan artis-artis seperti Lobow, Sarah D'Academy dan Septi KDI.

Liputan6.com, Jakarta Koltim Fun Festival 2022 digelar bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara selama tiga hari, 10-12 November 2022. Ribuan warga Kabupaten Kolaka Timur memadati Lapangan Kecamatan Loea, tepat di hari pahlawan pada Kamis (10/11/2022) sore.

Koltim Fun Fest 2022 dibuka dengan karnaval baju daerah dari beberapa desa di Kabupaten Koltim. Karnaval menunjukan etnik dari masing-masing desa cukup menarik karena dipadu dengan kesenian.

Selain karnaval, Koltim Fun Festival 2022 juga dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menghadirkan artis terkenal seperti Lobow, Sarah D'Academy dan Septi KDI. Ada juga  jalan sehat dengan hadiah dua unit sepeda motor. 

Di sisi lapangan Loea,  berjajar stand organisasi perangkat daerah serta UMKM warga setempat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promosi

Pelaksana Tugas Bupati Kolaka Timur,  Abdul Azis mengatakan, Koltim Fun Fest 2022 digelar untuk mempromosikan pariwisata dan budaya masyarakat Kabupaten Kolaka Timur sekaligus menggerakan ekonomi warga.

"Kegiatan ini bisa menggerakan ekonomi di kabupaten Koltim, termasuk bagaimana kearifan lokal di koltim bisa kita eksplor. Festival ini bagian dari upaya merekatkan, mendekatkan sehingga tradisi kemajemukan sesama kita bisa terjalin. Insya Allah tahun- tahun berikutnya bisa kita laksanakan festival lainnya," ucap Abdul Azis di Lapangan Kecamatan Loea, Kamis (10/11/2022) malam.

 

3 dari 4 halaman

Senang

Abdul Azis juga senang dengan adanya karnaval yang diikuti mencapai 500 orang dengan berbagai kostum daerah.

"Menciptakan perubahan di Koltim dan menyelaraskan perbedaan. Sebelumnya terjadi perbedaan yang tajam. Kita berusaha untuk menyelaraskan, karena untuk menyatukan itu susah. Perbedaan itu kan suatu berkah," terang Abdul Azis antusias.

Dalam pembukaan Koltim Fun Festival 2022, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Abdul Rahim menyebutkan wisata di Koltim harus dibangkitkan.

"Event Koltim Fun Fest ini diharapkan menjadi stimulan kebangkitan ekonomi masyarakat di Kolaka Timur yang selama beberapa tahun terakhir terhambat akibat pandemi Covid-19," kata Ali Mazi.

 

 

4 dari 4 halaman

Destinasi

Salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Kolaka Timur, menurut dia, adalah Bendungan Ladongi yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Desember 2021. 

"Saya ingin destinasi wisata tersebut dikembangkan agar Kabupaten Kolaka Timur tidak hanya dikenal sebagai daerah lumbung pangan di Sulawesi Tenggara, namun juga daerah tujuan wisata," jelas Ali Mazi.

"Ini suatu mimpi nyata bagi warga Koltim dan Sultra. Karena banyak warga yang sering mendatangi bendungan Ladongi. Warga di sekitar bendungan juga sudah bisa mendapat manfaatnya. Bendungan itu akan menjadi destinasi wisata unggulan di Koltim. Kami akan menambahkan spot-spot khusus untuk UMKM dan kaki lima. Termasuk wisata perahu itu sudah kami pikirkan," tambah I Nyoman Abdi, Kadis Kominfo Kabupaten Koltim

Abdul Azis menjelaskan, Kabupaten Kolaka Timur memiliki berbagai destinasi wisata populer, seperti air terjun dan arung jeram di Tetewa, sport tourism di Waduk Ladongi untuk olahraga dayung, off-road di Jalan Ulu Woo-Ueesi dan Awiu-Taore, sampai wisata kuliner di Lapangan Latamoro Rate-Rate.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini