Sukses

Billy Syahputra Cukur Habis Rambutnya hingga Plontos saat Ibadah Umrah

Dalam sebuah unggahan di media sosial, terlihat Billy Syahputra tak tanggung-tanggung dalam menjalani salah satu syarat umrah, tahallul.

Liputan6.com, Jakarta Billy Syahputra kini sedang menjalani ibadah umrah dan telah melakukan serangkaian syarat agar bisa melaksanakan umrah di Tanah Suci Mekkah. Salah satunya adalah dengan menjalani tahallul atau memotong beberapa helai rambut bagi calon jamaah.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, terlihat Billy Syahputra tak tanggung-tanggung dalam menjalani syarat umrah tersebut. Ia langsung membabat habis rambutnya hingga plontos. Sang presenter memang tak menunjukkannya secara langsung kepada publik.

Namun akun Instagram para penggemar, @bilsky.fc, mengunggah sebuah potret yang tampaknya diambil dari swafoto salah seorang sahabatnya yang juga ke Tanah Suci, Nabil Bachmid. Adik Olga Syahputra itu tampak tersenyum ke arah kamera dengan kepala yang sudah plontos.

"MasyaAllah niat karena ibadah 🥰 @bilsky16 @nabilbachmiid. #billysyahputra," tulis pengguna akun Instagram fans Billy Syahputra tersebut, diunggah Senin (31/10/2022) WIB kemarin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Plontos Sendiri

Terlihat dalam potret tersebut, tak hanya Billy Syahputra yang membuat kepalanya plontos saat mengikuti proses tahallul selama menjalani ibadah umrah.

Nabil Bachmid yang mengambil foto tersebut juga ikut membabat habis rambutnya. Bahkan tampak beberapa orang di belakang mereka juga melakukan hal serupa.

 

3 dari 4 halaman

Pengertian Tahallul

Diketahui, tahallul merupakan rangkaian kegiatan sebagai syarat sahnya ibadah haji maupun umrah. Tahallul merpakan kondisi seseorang yang telah dihalalkan untuk melakukan rangkaian kegiatan atau perbuatan yang sebelumnya dilarang selama menjalankan ihram.

Tahallul dilaksanakan dengan cara mencukur atau menggunting beberapa helai rambut kepala, sedikitnya tiga helai. Terdapat juga hukum sunnah untuk membabat habis rambut bagi jamaah laki-laki. Sementara untuk jemaah perempuan, memotong rambut sedikit juga menjadi bagian dari sunnah.

Menjalankan tahallul selama ibadah umrah dan haji, hukumnya adalah wajib.

 

4 dari 4 halaman

Keberangkatan Billy Syahputra

Billy Syahputra berangkat ke Tanah Suci pada 23 Oktober 2022 lalu. Pada 27 Oktober 2022, Billy sempat mengunggah beberapa foto saat sedang mengenakan pakaian ihram bersama Nabil Bachmid dan Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Potret Billy Syahputra berkepala plontos selama tahallul menuai beragam komentar dari warganet. Namun tentu saja kebanyakan menanggapinya secara positif.

"Wah sdh selesai tuh umroh nya potong rambut, gundul lagi, Billy itu 40 hari masih dikawal malaikat.. bau nya harum semerbak. Rajin2 ya ibadahnya," tulis @sur***.

"Subhanallah aura muka bang billy bersih bangeet tambah ganteeng mirip siapa ya kalo kepala botak gitu😂🔥❤️," tulis @rus***.

"Masyaallah ,aura muka bang billy cahaya banget,,sll istiqomah sholatx harus d jga yg wajib maupun yg sunnah,,moga mabrur," kata @yah***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.