Sukses

Instagram Clerence Chyntia Audry Dinonaktifkan, Rio Alief Spill 6 Fakta Perjuangan Almarhumah Melawan Kanker: Minta Penyakitnya Dirahasiakan

Pada Minggu (23/10/2022), Rio Alief bercerita perjuangan Clerence Chyntia Audry melawan kanker hingga akan menutup akun Instagram milik almarhumah.

Liputan6.com, Jakarta Bintang FTV Clerence Chyntia Audry meninggal dunia pada Selasa (18/10/2022) kemarin. Clerence menghembuskan nafas terakhirnya usai berjuang melawan kanker. Sang suami, Rio Alief, additional player band NOAH, terlihat begitu terpukul dan berduka saat prosesi pemakaman pemain Suara Hati Istri itu.

Tak banyak yang mengetahui tentang sakit yang diderita Clerence. Pendukung sinetron Anak Jalanan sempat mengunggah momen menjalani perawatan medis pada Mei 2022, namun tak menjelaskan secara detail penyakit yang diderita. Sejak April 2022, Clerence sudah tak muncul di FTV baru. Aktivitas feeds Instagram terakhir dibuatnya pada Juni 2022. 

Meninggalnya Clerence membuat sejumlah rekan artis merasa terkejut. Artis Shirin Safira yang kerap berperan antagonis sempat meluapkan kekagetannya saat tahu Clerence meninggal. Pernah berteman dekat dan nonton konser bareng, Shirin sempat mengungkap penyesalannya saat tahu Clerence meninggal.

Pada Minggu (23/10/2022), Rio Alief untuk pertama kali menjelaskan secara detail tentang perjuangan sang istri melawan kanker. Menurut Rio, Clerence yang minta agar penyakitnya dirahasiakan. Berikut 6 faktanya yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari Instagram pribadi Rio Alief, Senin (24/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Awal

Rio mengungkap bahwa Clerence mulai sakit pada Februari 2022. “Akhir Februari 2022, istri saya mulai sering mengeluh kesakitan di bagian abdomen. Setelah melakukan biopsi di salah satu RS wilayah Bintaro, istri saya divonis mengidap kanker dengan jenis Squamous Cell Carcinoma stadium 1B,” jelas pria yang berprofesi sebagai penabuh drum itu.

Rio dan Clerence berusaha mencari perawatan medis selain radiasi dan kemoterapi karena masih ingin punya anak. “Setelah bertemu dokter dan mencari second opinion, maka kami memutuskan untuk melakukan tindakan operasi terhadap istri saya pada awal April di RSCM,” urainya.”

3 dari 7 halaman

Lancar

Rio menyebut operasinya berjalan lancar. “Dokter menyarankan untuk recovery selama 2 bulan (April-Juni 2022). Dan ketika itulah setelah dibiopsi ulang bahkan hingga pengecekan imunohistokimia jenis kanker istri saya yaitu NET Neuroendocrine Tumor.

Rio bercerita bahwa Akhir bulan Mei recovery Clerence sudah selesai. Sang istri sempat menonton aksi panggung Rio bersama NOAH di Bandung.

4 dari 7 halaman

Ginjal

Juni 2022, Clerence mengeluh sakit pada ginjal dan dibawa ke RSCM. Diketahui ada pembengkakan ginjal akibat munculnya massa tumor (kanker) di sekitar perut. Dokter menyebut kanker sudah menyebar.

Awal Juli Clerence mulai menjalani kemoterapi. Rio dan Windy, kakak Clerence setia merawat pemain FTV Kisah Nyata itu.

Sesuai permintaan Clerence, Rio merahasia penyakit istrinya. Clerence ingin fokus pengobatan dan tak mau mentalnya terganggu kalau orang mulai bertanya kondisinya.

5 dari 7 halaman

Dukungan

Demi mendukung sang istri yang gigih melawan kanker, Rio pun membotaki rambutnya.

6 dari 7 halaman

Infeksi

Pada Oktober 2022, Clerence tidak bisa kemoterapi lantaran infeksi berat akibat sel kanker yang merusak organ sekitar perut. Clerence memasuki masa kritis hingga meninggal pada 18 Oktober.

“Kita boleh bersedih tapi kita semua tahu istri saya sudah tidak sedih dan juga tidak merasakan sakit lagi di sana,” tulis Rio.

7 dari 7 halaman

Tutup Akun

Rio mengumumkan akan menutup akun Instagram Clerence. Rio juga meminta jika ada utang atau kontrak kerja yang tidak sempat dipenuhi almarhumah, agar menghubunginya.

Rio juga minta maaf jika ada perbuatan istrinya yang kurang berkenan. Lebih lanjut, Rio berencana melelang barang milik Clerence dan hasilnya akan disumbankan ke yayasan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.