Sukses

Influencer Nadya Putri Salsabila Ajak Publik Paham Lanskap Digital dan Manfaatkan Peluang Yang Ada

Liputan6.com, Jakarta Nadya Putri Salsabila belakangan kian sibuk sebagai key opinion leader di webinar program literasi digital nasional sektor pendidikan wilayah Sumatra di Kota Medan, Sumatra Utara.

Webinar yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi pekan lalu ini diikuti 4.860 peserta guru serta murid.

Influencer dengan 203 ribuan pengikut di Instagram itu jadi pembicara terakhir, mengulas topik Kecakapan Digital. Nadya Putri Salsabila menyorot syarat tercapainya cakap digital.

“Begini, dalam pandangan saya kecakapan digital dapat tercapai jika kita tahu dan paham ragam serta perangkat lunak yang menyusun lanskap digital,” kata Nadya Putri Salsabila.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaatkan Peluang

Setelahnya ia menyebut, era digital memengaruhi dan berdampak positif ke berbagai sektor kehidupan termasuk pendidikan. Karenanya guru dan murid mesti melek teknologi.

“Kegiatan belajar mengajar melibatkan guru dan murid. Karenanya mari beradaptasi dengan perubahan dunia pendidikan. Bapak ibu guru diharapkan bisa memanfaatkan peluang yang ada,” imbuhnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sebelum Nadya

Sebelum Nadya Putri Salsabila berbicara, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani Pengerapan, menjelaskan tujuan program literasi digital “Makin Cakap Digital.”

“Tujuannya meningkatkan kapasitas masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman. Saya ingatkan, indeks literasi digital masyarakat Indonesia di angka 3,49 dari skala 5. Yang artinya, masih di kategori sedang,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Fokus Berikan Literasi

Angka ini perlu ditingkatkan. Masyarakat Indonesia perlu dibekali dengan kemampuan literasi digital agar siap mengawal percepatan transformasi digital nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Jhonny G. Plate sependapat dengan ulasan Semuel.

“Kami fokus memberi literasi digital kepada kelompok pendidikan. Sejak dilaksanakan pada 2017, program lieterasi digital telah menjangkau lebih dari 12,6 juta masyarakat. Tahun ini akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat,” terang Jhonny G. Plate.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.