Sukses

Selebgram Bernard Huang Beberkan 4 Tips Branding yang Bikin Usaha Kita Laku Keras

Bernard Huang membeberkan bagaimana strategi branding saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Branding merupakan hal wajib untuk mempromosikan suatu produk di era digital saat ini. Selebgram sekaligus enterpreneur asal Batam, Bernard Huang membeberkan bagaimana strategi branding saat ini. Ia memaparkan apa itu Branding dan seberapa penting branding bagi para pengusaha terutama UMKM di seluruh Indonesia.

Branding berasal dari kata 'brand' (Bahasa Inggris) yaitu merek. Banyak orang tidak tahu bahwa branding merupakan pencitraan agar produk atau merek dapat menarik dan selalu diingat oleh konsumen. Singkatnya, tanpa branding maka suatu produk atau merek tidak akan dikenal oleh konsumen secara banyak.

"Tanpa branding, suatu produk akan sulit berjalan, sulit bertahan apalagi berkembang di masa era digital saat ini," ujar pemilik akun IG @Bernard_huangg dengan jumlah follower 122.000 tersebut.

Tanpa branding bagaimana orang dapat mengenal produk kita? Ibarat pepatah, Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan produk yang kita pasarkan jika belum dikenal maka tidak akan ada pembeli untuk produk kita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Poin Tips Mengembangkan Brand

Apa saja yang mesti dilakukan untuk meningkatkan brand suatu produk?

Berikut tips dari Bernard Huang agar suatu brand dapat berkembang dan dikenal oleh orang banyak:

1. Menjaga kualitas produk

Jika kualitas produk kita tetap terjaga baik itu produk makanan ataupun bukan makanan konsumen akan puas sehingga mereka bisa beli lagi/repeat order produk kita kembali.

2. Menggunakan kemasan yang menarik atau unik

Kemasan tak kalah penting untuk dalam branding suatu produk, karena kemasan merupakan identitas suatu produk tersebut. Ibarat air mineral merk Aqua, jika labelnya kita lepas kita tetap akan tahu kemasan botol tersebut adalah merk Aqua.

3. Sering melakukan iklan

Iklan merupakan salah satu yang terpenting untuk menghidupkan suatu brand, tetapi hal ini juga yang paling sering kelupaan oleh para pelaku usaha. Lupa karna fokus cari omzet, lupa karna fokus promosi, lupa karna banyak urusan pribadi lainnya. Iklan ini sangat penting dan wajib dilakukan jika mau menaikkan brand dengan cepat.

Cara Beriklan

Beberapa cara beriklan paling efektif menurut Bernard Huang :

- Iklan secara konvensional, contohnya membagikan flyer, gantung spanduk, sampai pemasangan baliho

- Iklan menggunakan ads on berbayar seperti iklan di Youtube, Instagram, Facebook ataupun Google

- Melakukan iklan atau soft selling di koran dan media online, yang pasti tentukan koran online yang paling efektif buat produk anda

- Iklan produk anda menggunakan KOL atau lebih dikenal selebgram, bisa dipilih dari selebgram lokal s/d nasional

4. Sering mengikuti pameran atau bazaar

Untuk lebih cepat memperkenalkan produk kita kalau bisa kita mesti sering ikut kegiatan pameran atau bazaar.

Karena di pameran itu akan banyak orang yang datang dan orang bisa lebih mengenal produk kita. Tapi inget ya kita mesti ikut bazaar yang sesuai dengan produk kita donk agar lebih maksimal.

Keempat poin penting ini juga diterapkan di Coffee shop pribadi Bernard Huang di Mr.B Coffee yang berdiri sejak Januari 2022 hingga saat ini. Alhasil tetap bertahan, banyak yang tahu dan bertahan hingga saat ini. Walaupun banyak brand kopi nasional yang kuat tapi Mr.B coffee tetap stabil.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Hal Mudah

Membangun suatu branding perusahaan bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan proses yang panjang agar suatu brand atau produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Nah bagi mereka yang melakukan branding dengan baik, otomatis produknya akan dikenal dan pasti mendapat loyalitas dari konsumen mereka.

Jadi mulai sekarang perdalam pengetahuan tentang branding agar produk kita bisa lebih dikenal dan laku nantinya.

Bagi yang belum mengerti dan berminat menggunakan jasa untuk konsultasi mengenai Digital Branding produk lain, Bernard Huang terbuka menerika DM di akun @bernard_huangg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini